Mengapa Bisnis Ritel Membutuhkan Software ERP yang Tepat untuk Berkembang

image

Bisnis retail modern membutuhkan software ERP dengan berbagai integrasi dan konektivitas multichannel. Sisi positif dari masa pandemi adalah sebagai akselerator yang mendorong laju tren penggunaan teknologi. Seperti halnya dengan memanfaatkan software ERP.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Software ERP sangat dibutuhkan untuk mendukung bisnis yang sedang berkembang :

Perusahaan ritel membutuhkan penjualan omnichannel dan transaksi pelanggan yang berulang. Ini berarti menawarkan opsi penjualan online / ecommerce dan penjualan offline di dalam toko melalui satu platform. Dengan teknologi akan menjaga harga dan produk tetap konsisten di seluruh saluran perusahaan. Perusahaan juga membutuhkan komponen manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk platformnya untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan. Konektivitas saluran penjualan ini akan terintegrasi dengan platform ERP sebagai sistem utama di perusahaan untuk mengelola persediaan, harga/ promosi hingga data pelanggan. Bisnis ritel modern tidak akan bertahan tanpa jenis keterlibatan dan konektivitas ini.

Dalam bisnis ritel mengelola persediaan membutuhkan platform ERP untuk mendapatkan visibilitas persediaan dengan lengkap. Semua bisnis perlu mengelola persediaan secara real time. Hal ini merupakan suatu kebutuhan. Bisnis ritel akan membutuhkan Sistem ERP berbasis cloud untuk menghadirkan visibilitas ke manajemen persediaan. Dimana lokasi setiap produk? Apakah tersedia di gudang, habis atau sedang dalam perjalanan. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan platform ERP yang terintegrasi akan membantu perusahaan menghindari kerugian atas biaya kehilangan penjualan hingga biaya penyimpanan yang mahal.

Software ERP berkualitas menawarkan beberapa fitur khusus persediaan, berikut ini:

  • Jumlah produk real-time menurut masing-masing SKU, menunjukkan jumlah yang ada, dalam pesanan, dan dipesan
  • Pelacakan terperinci yang menunjukkan tempat, toko/ gudang, tepat tempat produk berada
  • Kemampuan untuk membuat bundle produk khusus, memberikan fleksibilitas untuk menawarkan produk baru dan menanggapi permintaan pelanggan yang terus berubah
  • Laporan akurat untuk mendukung pengambilan keputusan demi mendorong kepuasan pelanggan.

Baca Juga : MANFAAT MENGGUNAKAN SOFTWARE ERP BENGKEL

turboly.com