Stock Opname Cara Mengetahui Kondisi Persediaan Perusahaan

image

Stock opname adalah proses membandingkan persediaan dalam toko yang telah dihitung dengan persediaan yang dicatat di Sistem Inventory, proses ini akan menghasilkan sebuah data perbedaan persediaan yang pastinya sangat penting. Ada perbedaan karena berbagai alasan: penipuan pemasok, pengutilan, penipuan pengembalian, pencurian karyawan, kesalahan manusia, kerusakan, dan lainnya.

Selain melindungi keuntungan, menjaga akurasi persediaan membantu forecasting persediaan. Stock opname juga membantu mencegah kelebihan stok dan kehabisan stok, dan memastikan persediaan selalu siap untuk memenuhi permintaan pelanggan. Berikut adalah panduan untuk melakukan proses stock opname dengan benar

Lakukan Hitungan Fisik

Menghitung tingkat persediaan fisik di toko dan gudang adalah tugas fisik yang melelahkan. Pertimbangkan untuk membagi dalam beberapa bagian atau berdasarkan tipe produk. Untuk lebih memudahkan, lakukan proses ini secara rutin dalam jangka pendek misalnya 3 bulan sekali, hal ini akan sangat efektif untuk melindungi perusahaan dari kerugian, dibandingkan jika melakukan stock opname setahun sekali.

Persiapkan Dengan Matang

Menghitung barang dagangan bisa membosankan dan memakan waktu. Staff toko dan gudang harus berorientasi pada detail dan sabar. Jika menghitung tingkat persediaan seluruh toko, persiapkan ruang untuk meraih kesuksesan: pastikan semua yang ada di lokasi yang tepat, dan mulailah memberikan label produk dengan jelas. Produk yang rusak harus dipisahkan juga.

Bandingkan Hasilnya

Ingat: tujuan stock opname persediaan adalah untuk mencapai kebenaran umum di Sistem Inventory dan toko fisik. Dengan kata lain, perlu ingin catatan stock opname yang akurat. Ketika semua angka dihitung, hitung kembali produk atau bagian yang memiliki ketidaksesuaian yang mencurigakan, baik besar atau kecil.

Bandingkan angka dengan hasil penghitungan sebelumnya dan cari polanya. Apakah tingkat persediaan produk dengan harga lebih tinggi selalu tidak konsisten? Apakah sepertinya produk di dekat pintu masuk hilang? Periksa catatan penjualan dan pengiriman sebelum mengasumsikan yang terburuk.

Baca Juga : Cara Mudah Stock Opname dengan 6 Tips Ini

turboly.com