Apa Itu Piutang Tak Tertagih?

image

Memberikan kredit kepada pelanggan adalah cara yang bagus untuk mendorong pembelian, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan keuntungan. Namun terkadang, masih ada pelanggan tidak menepati janji dan mengakibatkan piutang tak tertagih. Apa itu piutang tak tertagih?

Piutang tak tertagih terjadi ketika seseorang berhutang uang kepada Anda tetapi Anda tidak dapat menagihnya. Piutang itu tidak akan memiliki nilai karena Anda tidak dapat menagih apa yang Anda hutangkan. Akibatnya, Anda harus menghapus piutang sebagai tidak tertagih.

Kredit macet yang menyebabkan piutang tak tertagih dapat terjadi karena sejumlah alasan berbeda. Pelanggan mungkin tidak punya uang untuk membayar hutangnya. Atau, pelanggan mungkin tidak senang dengan produk atau layanan Anda dan menolak untuk membayar. Terlepas dari alasannya, terlalu banyak kredit macet dapat melumpuhkan bisnis kecil.

Piutang Tak Tertagih (Uncollectible Debt) vs Piutang Ragu Ragu (Doubtful Debt)

Jika Anda berurusan dengan piutang tak tertagih, Anda juga harus memahami piutang ragu ragu. Jangan bingung dengan kedua istilah tersebut.

Piutang Ragu Ragu adalah piutang yang diperkirakan akan berubah menjadi piutang tak tertagih, tetapi tidak secara resmi ditandai sebagai tidak dapat tertagih. Ada harapan bahwa hutang yang meragukan akan berubah menjadi pembayaran, tidak seperti piutang tak tertagih.

Bisnis dapat mengelompokan sejumlah penjualan secara kredit sebagai hutang meragukan sehingga keuangan mereka tidak mengalami dampak besar ketika pelanggan tidak melaksanakan kewajibannya. Maka perusahaan wajib memprediksi bahwa beberapa piutang tidak akan terbayar.

Kapan Piutang menjadi piutang tak tertagih?

Mengetahui kapan harus menyebut piutang sebagai piutang tak tertagih jadi sulit diprediksi. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda menghadapi piutang tak tertagih

Hutang bisa menjadi piutang tak tertagih jika Anda telah melakukan semua cara untuk menagih pelanggan. Mulai dari menghubungi pelanggan tanpa tanggapan. Atau, Anda mungkin menawarkan untuk menegosiasikan pembayaran namun tetap tidak ada respon. Jika Anda memutuskan bahwa utang tersebut tidak layak dikejar, Anda mungkin menganggapnya sebagai piutang tak tertagih.

Pencatatan Akuntansi piutang tak tertagih

Saat Anda melakukan penjualan kepada pelanggan dengan metode kredit, Anda harus mendebit akun piutang Anda dan mengkredit akun Penjualan. Anda berharap pada akhirnya dapat mengkreditkan akun piutang dan mendebit akun bank/ kas, tetapi Anda tidak dapat melakukannya jika pelanggan tidak membayar.

Sebaliknya, Anda perlu tahu cara menghapus utang macet. Ada dua metode yang dapat Anda gunakan agar pembukuan Anda mencerminkan beban piutang tak tertagih.

Banyak bisnis membuat cadangan piutang tak tertagih, yang dikenal sebagai penyisihan piutang tak tertagih. Tujuan dari akun ini adalah untuk mengimbangi kerugian yang direncanakan atau diantisipasi yang disebabkan oleh piutang tak tertagih. Ada juga yang hanya membalik jurnal awal mereka dengan mengkredit akun piutang mereka dan mendebit akun beban piutang tak tertagih.

Baca Juga : TUGAS STAFF ACCOUNT RECEIVABLE

turboly.com