image

Manfaat Chart of Account Dalam Akuntansi

Chart of account (COA) atau yang sering dikenal dengan bagan kode akun adalah daftar kode yang telah diatur dan disusun secara sistematis dalam struktur akun tertentu yang terdiri atas nama akun dan kode akun.

Kode akun merupakan rangkaian kode yang tersusun dari susunan angka (numerik) atau tersusun dari susunan huruf (alphabet) atau bisa juga tersusun dari paduan angka dan huruf yang bersifat sistematis, fleksibel, dan mudah dipahami oleh pihak yang berkepentingan atas kode akun tersebut. Nama akun dan kode akun tersebut akan digunakan untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol transaksi-transaksi keuangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

Manfaat adanya pembuatan chart of account antara lain:

  • Pencatatan data yang ada lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis dengan tepat dalam mengambil keputusan
  • Memudahkan dalam memperbaiki data-data atau catatan-catatan yang mengalami perubahan yang disebabkan oleh kesalahan atau terjadinya transaksi tambahan
  • Mempermudah dalam pemrosesan hasil-hasil catatan atau data yang telah diperoleh dan pemrosesan tersebut akan lebih terkontrol dengan baik
  • Memudahkan dalam menyusun sebuah laporan
  • Memudahkan dalam membaca laporan sehingga pihak yang berkaitan dapat mengambil keputusan dengan mudah dan tepat

Jenis-jenis kode akun dalam chart of account (COA) yaitu sebagai berikut:

Angka

Angka merupakan simbol yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kode akun di dalam chart of account atau bagan akun. Contoh: 100-000 (aset atau aktiva), 200-000 (utang), 300-000 (modal), 500-000 (harga pokok penjualan), dan lain sebagainya.

Huruf

Huruf merupakan simbol yang jarang digunakan dalam pembuatan kode akun dalam chart of account. Umumnya, huruf lebih sering digunakan untuk kode nama departemen, cabang dan lain sebagainya.

Kombinasi angka dan huruf Simbol campuran angka dan huruf biasanya digunakan saat simbol huruf telah dipakai untuk kode nama cabang atau daerah, nama bank, nama biaya atau beban namun masih dibutuhkan pembagian lanjutan agar kode lebih jelas dan mudah dimengerti oleh pihak yang bersangkutan.

Chart of account (COA) dibagi menjadi beberapa kelompok klasifikasi antara lain:

Klasifikasi Akun

Akun Neraca – terdiri dari: * Aktiva / Aset * Kewajiban atau Hutang * Modal

Akun Laba Rugi – terdiri dari: * Penjualan * Harga Pokok Penjualan (HPP) * Biaya Operasional * Biaya Non Operasional

Baca Juga : 5 Manfaat Software ERP untuk Akuntansi dan Keuangan

www.turboly.com