Mengenal Pelanggan Melalui Sistem POS

image

Dalam industri ritel, memiliki data pelanggan sangat penting untuk menghasilkan peluang mendorong penjualan dan promosi serta dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan. Hal ini berlaku untuk semua ukuran bisnis ritel mulai dari yang kecil hingga yang besar sekalipun. Menarik pelanggan setia dan loyal adalah kunci pertumbuhan dan ekspansi. Untuk melakukannya, diperlukan sebanyak mungkin data pelanggan yang dikumpulkan oleh Sistem POS.

Berikut ini cara memanfaatkan data pelanggan yang disediakan oleh Sistem POS untuk pertumbuhan bisnis di masa mendatang :

Memberikan nilai kepada pelanggan

Ketika pelanggan yang kembali menghubungi Anda, Anda harus mengingat lebih dari sekedar nama mereka. Anda perlu mengenali nilai pelanggan bagi bisnis seakurat dan secepat mungkin, dan dapat menggunakan informasi tersebut untuk setiap kemungkinan interaksi. Apakah pelanggan Anda bertemu dengan Anda secara langsung atau menghubungi Anda melalui telepon, Anda memerlukan akses cepat ke informasi yang memberikan, misalnya, riwayat pembelian mereka sebelumnya atau informasi tentang pembayaran yang terlambat. Jika data mengungkapkan bahwa mereka adalah pelanggan baru, maka mereka mungkin menjadi kandidat yang tepat untuk penjualan lebih tinggi, sementara jika mereka adalah pelanggan setia, mereka akan lebih cocok untuk inisiatif retensi. Namun, pelanggan dengan riwayat pembayaran yang buruk mungkin sebaiknya dihindari sepenuhnya. Anda perlu mengetahui semua informasi ini sebelum Anda terlibat dengan salah satu calon konsumen Anda.

Promosi

Tidak semua pelanggan ingin atau perlu menerima informasi yang sama tentang promosi atau penawaran terbaru, jadi daripada membuang waktu kita harus mempunyai data untuk membantu menentukan segmen atau audiens pelanggan. Dengan menggunakan Sistem POS dapat memberikan data historis penjualan ke ke masing-masing pelanggan apa yang telah dibeli oleh pelanggan tertentu di masa lalu, waktu dalam setahun mereka membeli produk dan jumlah saat mereka membelinya, Anda dapat memperoleh ide bagus tentang apa yang mungkin mereka inginkan. dengar tentang di masa depan. Menyimpan semua detail penting pelanggan di database Anda akan memungkinkan Anda untuk menemukan informasi secara instan dan terhubung dengan mengklik tombol, membuat promosi pemasaran yang ditargetkan menjadi mudah dan jauh lebih memakan waktu.

Menjaga Keuntungan

Salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan adalah dengan menawarkan penawaran dan diskon menarik agar mereka sulit untuk menolak, tetapi untuk melindungi margin keuntungan. Tetap perlu memantau dengan cermat jumlah diskon yang dapat ditawarkan. Menjaga margin harus menjadi salah satu prioritas tertinggi, dan dengan menggunakan bantuan Sistem Point of Sale (POS) dapat memungkinkan agar bisa mengontrol biaya dengan mengkombinasikan dengan strategi pemasaran dan juga akan membantu mendapatkan harga kompetitif untuk membantu memotong margin yang sesuai. Diskon bertingkat, cashback misalnya, menawarkan diskon besar pada kelompok produk atau pembayaran tertentu.

Meskipun data pelanggan sering digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, data yang disediakan oleh Sistem POS Ritel Turboly memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari itu.

Baca Juga : 4 Laporan POS yang Harus Digunakan Bisnis Ritel

turboly.com