Mengenal Nomor Batch untuk Penyimpanan Inventory

image

Nomor Batch diterapkan pada banyak produk yang kami gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dari perlengkapan mandi dan obat-obatan hingga produk makanan, minuman, dan produk farmasi.

Perusahaan yang berbeda memiliki cara yang berbeda dalam menetapkan nomor Batch, tetapi umumnya, kode membantu produsen mengidentifikasi informasi tentang produk mereka, seperti bahan yang digunakan untuk membuatnya, dari mana asalnya, kapan diproduksi, dan - jika mudah rusak - kapan mereka akan kadaluarsa.

Di sini, kita akan melihat mengapa nomor Batch itu penting dan apa yang membantu bisnis.

Berapakah kode Batch?

Nomor Batch adalah kode unik yang ditetapkan produsen ke sekumpulan barang yang mereka produksi dalam proses yang sama menggunakan bahan, suku cadang, atau bahan yang sama.

Apakah kode Batch sama dengan nomor batch?

Kode Batch sering disebut dengan nama yang berbeda, termasuk, nomor batch (umumnya digunakan di Inggris), nomor kode, atau kode Batch.

Apa itu pelacakan Batch?

Pelacakan Batch adalah sistem yang digunakan untuk melacak, melacak, dan mengakses informasi tentang produk di seluruh rantai pasokan Anda, dari ujung ke ujung. Ini dilakukan dengan bantuan barcode, pemindai, dan perangkat lunak manajemen persediaan.

Apa itu kontrol Batch?

Kontrol Batch adalah proses mengelola batch barang dan produk Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengaturnya, melihat bagaimana kinerjanya, memahami masalah apa yang mungkin mereka miliki, dan mengubahnya seperlunya. Misalnya, jika Anda perlu menarik kembali sejumlah barang atau mendistribusikannya kembali.

Seiring waktu, ini juga akan memungkinkan Anda untuk melihat tren seputar produk dan pemasok tertentu, serta data penting seperti berapa lama mereka menghabiskan waktu di rak.

Pentingnya kontrol Batch

Pentingnya kontrol Batch terlihat paling jelas saat terjadi kesalahan pada produk. Namun selain situasi darurat, banyak kontrol adalah kunci untuk keberlanjutan dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam dunia bisnis yang kompleks saat ini.

  • 1. Tetap teratur. Pertama, proses tersebut membantu Anda tetap teratur dengan membuatnya lebih mudah untuk membedakan produk serupa dengan sedikit variasi; misalnya, minuman ringan versi biasa dan bebas gula, atau dua paket kaos yang dibuat dengan pewarna warna berbeda.
  • 2. Identifikasi masalah dengan cepat. Kedua, jika salah satu produk Anda cacat, banyak kontrol membantu Anda memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dengan menunjukkan masalahnya dengan cepat - termasuk masalah dengan bahan atau suku cadang, operator yang membutuhkan lebih banyak pelatihan, atau alat berat yang membutuhkan perawatan. Dengan mengetahui sumber masalahnya, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menentukan tindakan terbaik untuk memperbaiki situasi tersebut.
  • 3. Mengungkap tren. Ketiga, kontrol Batch dapat memberikan wawasan bisnis yang berharga dengan mengungkapkan tren seperti kumpulan produk mana yang paling banyak terjual (dan pada waktu berapa tahun), dan apakah ada korelasi antara pemasok yang telah Anda gunakan dan item Anda yang paling menguntungkan.
  • 4. Mencegah produk palsu. Terakhir, kontrol Batch dapat membantu Anda menghentikan barang palsu memasuki persediaan Anda. Jika produk Anda rentan terhadap pemalsuan, melacak Batch Anda akan membantu Anda mengidentifikasi di mana mereka memasuki rantai pasokan Anda sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah lebih banyak barang masuk.

Sementara beberapa bisnis mengelola banyak secara manual, analitik dan otomatisasi menjadi semakin penting, terutama saat turnover inventory semakin tinggi dab kompleks di mana margin kesalahan manusia lebih tinggi. Jika Anda belum memilikinya, ada baiknya mencari solusi perangkat lunak berkualitas baik yang sesuai dengan bisnis Anda. Ingatlah bahwa banyak Sistem Inventory Management memiliki banyak kemampuan kontrol yang dapat membantu.

Baca Juga : Manfaat Pelacakan Batch Produk

turboly.com