Keuntungan dari Supplier Relationship Management

image

Tujuan Supplier Relationship Management (SRM) adalah memanfaatkan hubungan supplier untuk menciptakan nilai dan profitabilitas dalam bisnis. Jika dilakukan dengan tepat, SRM dapat menghasilkan efisiensi yang lebih besar, mengurangi biaya perolehan, dan mengoptimalkan kinerja jalur distributor. Manajemen hubungan supplier dapat:

  • Mengurangi risiko
  • Mengoptimalkan kinerja
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi administrasi
  • Efisiensi orientasi

Mengurangi Risiko

Memberikan visibilitas yang lebih besar, manajemen hubungan supplier membantu mengidentifikasi dan mengurangi potensi risiko. SRM dan manajemen Persediaan online memungkinkan bisnis melacak supplier dan mengumpulkan data penting untuk memverifikasi informasi supplier dengan mudah, mengidentifikasi potensi risiko supplier, dan melacak kinerja. Data yang diterima dari pelacakan kinerja juga akan menandai masalah yang akan datang dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

Optimalisasi kinerja

Dengan bantuan teknologi SRM, bagian purchasing dapat melacak dan mengukur kinerja supplier terhadap kewajiban kontrak untuk memastikan supplier memenuhi kebutuhan bisnis Anda dan mematuhi ketentuan yang disepakati. Ini akan memungkinkan Anda membentuk kinerja yang optimal dan memilih penyedia terbaik berdasarkan kebutuhan perusahaan seperti layanan profesional, transportasi, dan kemampuan pengiriman.

Pengurangan biaya

Dengan visibilitas yang ditingkatkan, Anda dapat mengidentifikasi biaya tersembunyi dan mengambil tindakan untuk mengubahnya menjadi penghematan biaya. Hubungan supplier yang kuat juga membantu Anda menegosiasikan hal-hal seperti tarif yang lebih baik, rabat, diskon, biaya pengiriman, dan ambang volume. Demikian pula, pembeli dan supplier dapat berkolaborasi dalam panjang kontrak, syarat pembayaran dan biaya tambahan serta insentif lain untuk membantu meningkatkan margin keuntungan Anda.

Efisiensi administrasi yang lebih besar

Perangkat lunak manajemen hubungan supplier akan secara signifikan mendorong efisiensi dalam tugas-tugas administratif. Lokasi online terpusat untuk semua data supplier membantu SRM melalui pencatatan digital yang mengurangi biaya tenaga kerja administratif, mengurangi kesalahan, duplikasi data, dan hilangnya informasi supplier penting.

Berorientasi pada efisiensi

Mencari supplier baru, menguji coba produk, dan menegosiasikan kontrak bisa mahal dan memakan waktu. Dengan mengoptimalkan praktik manajemen rantai pasokan melalui manajemen hubungan supplier, lebih mudah untuk mendapatkan data yang relevan seperti informasi kapasitas dan kapabilitas supplier. Bisnis dapat secara dramatis mengurangi biaya yang terkait dengan membangun hubungan supplier baru, mempercepat aktivitas orientasi, dan proses pengadaan yang relevan.

SRM membantu mengidentifikasi supplier yang ada dengan kemampuan dan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini dan masa depan. Memastikan biaya yang stabil dan rantai pasokan yang andal, yang merupakan faktor penting dalam profitabilitas dan keberlanjutan perdagangan apa pun.

Baca Juga : Strategi Negosiasi Dengan Supplier Tunggal

turboly.com