3 Tips Layanan Bengkel Untuk Membangun Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan

image

Apakah pelanggan mengunjungi bengkel mobil lebih dari sekali berarti mereka benar-benar “setia”?. Anda sebagai pemilik bengkel pun kadang sulit untuk menjawab hal ini. Dalam istilah marketing secara umum, sebagian besar pelanggan kembali berdasarkan hasil kunjungan sebelumnya. Tetapi karena pelanggan ini belum tentu “setia”, mereka juga dapat terpikat ke bengkel lain yang memberi mereka penawaran yang lebih baik atau yang memberikan pengalaman yang lebih baik.

Dalam bisnis bengkel, layanan pelanggan jangan hanya fokus pada pelanggan tetapi tidak harus berfokus pada hubungan. Berfokus pada pelanggan umumnya dianggap sebagai hubungan satu arah di mana satu sisi hanya memberi. Fokus Hubungan di sisi lain mencakup hubungan dua arah yang saling menguntungkan dimana kedua belah pihak memberi dan menerima sesuai porsinya masing-masing. Hal yang paling sederhana adalah pemberian testimoni pelanggan dan berterima kasih kepada mereka ketika mereka meluangkan waktu untuk membantu bisnis Anda dengan meninggalkan ulasan setelah kunjungan mereka. Dengan fokus hubungan, tanpa disadari akan membangun keterlibatan dan ikatan timbal balik dengan pelanggan, yang mengarah pada loyalitas pelanggan yang sebenarnya.

Jadi, singkatnya, perbedaan antara pelanggan biasa dan pelanggan setia adalah sebagai berikut:

Predisposed = Berdasarkan hubungan bisnis murni transaksional, pelanggan ini “condong” ke arah kembali ke bengkel Anda.

Loyal = Pelanggan ini tidak hanya mempercayai Anda, tetapi juga merasa seperti mereka berkontribusi dan menjadi bagian dari “keluarga” perbaikan Anda dan merasakan tujuan yang sama selama kunjungan mereka.

Agar loyalitas terjadi, pelanggan mencari tiga hal ini dan dalam urutan ini:

Kepercayaan — sebelum mereka dapat berbisnis dengan bengkel Anda, mereka harus mempercayai kompetensi dan kejujuran Anda. Kepercayaan membantu mendukung hubungan transaksional, tetapi itu tidak cukup dengan sendirinya untuk mendorong loyalitas.

Rasa Memiliki — Anda membuat pelanggan merasa disertakan, bahwa mereka merasa Anda memahami siapa mereka dan tantangan mereka. Pelanggan menentukan bahwa Anda dan mereka sama dan karena itu Anda adalah wakil untuk pengambilan keputusan mereka.

Komunikasi dan Minat — Anda membuat mereka merasa seperti Anda membuat peningkatan dalam tujuan hidup mereka dan kehidupan orang lain. Ini bisa terkait dengan keluarga, komunitas, penyebab, agama dan banyak lagi. Ada tujuan di luar sekadar pertukaran uang untuk layanan.

Selalu ingat membangun hubungan pelanggan Anda tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi itu bisa dimulai hari ini! Software Bengkel Turboly dapat membantu Anda meningkatkan hubungan yang berfokus pada hubungan pelanggan, untuk mendukung bengkel Anda berhasil!

Baca Juga : Mendapatkan Loyalitas Pelanggan dengan Layanan Pengingat Ganti Oli

turboly.com