image

Bagaimana Penentuan Margin Konsinyasi yang Adil?

Dalam artikel sebelumnya kita membahas mengenai strategi penjualan konsinyasi. Dimana pihak consignee akan mendapatkan komisi atas penjualan yang mereka lakukan berdasarkan persentase. Persentase yang didapatkan oleh consignee sesuai dengan kesepakatan dengan consignor sebagai pemilik barang yang umumnya tercatat dalam perjanjian konsinyasi tertulis

Lalu, bagaimana menentukan persentase komisi penjualan konsinyasi yang adil? Nilai komisi yang “adil” bersifat subyektif dan dapat bergantung pada:

  • Nilai jual suatu barang yang dikonsinyasikan.
  • Biaya Overhead consignor yang mencakup biaya dan menghasilkan keuntungan yang berharga.
  • Hubungan antara consignor dan consignee

Intinya adalah seberapa banyak consignee yang menerima untuk barang dagangan untuk mereka dijual. Jika mereka tidak puas dengan jumlahnya, mereka akan berhenti untuk bekerjasama dengan consignor.

Hitung persentase konsinyasi yang adil

'Persentase' dihitung dengan membagi pembayaran dengan jumlah penjualan. Pada penjualan senilai Rp 1.000.000 dengan pembagian konsinyor 40%, komisi yang diterima oleh consignee sejumlah Rp. 400.000, jadi 40/100 = 40%. Semua hal ini wajib diungkapkan sebelum kerjasama konsinyasi dilaksanakan dan harus dicantumkan dalam perjanjian konsinyasi dengan tanda tangan kedua belah pihak.

Penjualan barang secara konsinyasi dan penjualan retail umum berbeda dari sisi kewajiban pembayaran. 'Konsinyasi' mengacu pada penjualan produk milik pihak lain dengan pembayaran yang dilakukan ketika produk sudah laku terjual. Retail umum mengacu pada pembelian produk dari supplier, distributor, atau produsen dimana kewajiban pembayaran akan timbul saat serah terima produk.

Produk yang paling umum di konsinyasikan adalah produk fashion, misalnya pakaian. Produk pakaian memiliki tingkat rata-rata komisi antara 20% pada pakaian high-end hingga 40% untuk pakaian merek biasa. Tidak ada 'persentase rata-rata' yang dapat diterapkan di seluruh jenis produk, jadi 3 faktor diatas merupakan jawaban apakah margin komisi yang diberikan oleh consignor adalah adil.

Baca Juga : Strategi Penjualan Konsinyasi

www.turboly.com