image

Mengukur Keberhasilan Program Loyalitas Pelanggan di Bengkel

Program loyalitas bukanlah hal baru, terutama di Bengkel Mobil. Selama bertahun-tahun, program loyalitas telah berkembang menjadi platform digital dan berbasis seluler seperti sekarang ini; dan dengan itu telah datang fungsionalitas canggih yang membuat perilaku dan informasi pelanggan jauh lebih mudah dilacak daripada sebelumnya.

Meskipun program loyalitas saat ini sangat bagus, masih perlu dipastikan bahwa efektif dalam membawa pelanggan selalu kembali ke bengkel mobil Anda. Bagaimana Anda tahu jika program bekerja secara efektif? Mulailah dengan beberapa tolok ukur ini.

Peningkatan Pesanan Perbaikan Rata-rata

Boleh dibilang, salah satu indikator kinerja utama (KPI) yang paling penting dan relevan untuk menentukan keberhasilan program loyalitas Anda adalah melihat peningkatan pesanan perbaikan rata-rata / average repair order (ARO). Terutama mengingat bahwa meningkatkan ARO Anda bisa lebih menguntungkan daripada meningkatkan jumlah pelanggan.

Cara terbaik untuk menentukan ini adalah dengan membandingkan ARO pelanggan Anda yang terdaftar dalam program loyalitas Anda dengan ARO pelanggan Anda yang tidak. Tentukan point untuk menjadwalkan beberapa waktu setiap bulan, atau kuartal, untuk memeriksa sebagai bahan analisa melalui Sistem Bengkel yang Anda gunakan. Jika ARO pelanggan Anda yang terdaftar dalam program loyalitas Anda lebih besar daripada mereka yang tidak, berarti program loyalitas berjalan dengan baik.

Penggunaan Program & Pendaftaran

Meskipun melihat peningkatan ARO dari Sistem Bengkel Mobil adalah tanda bahwa program loyalitas bengkel berhasil, tetap harus memperhatikan penggunaan program dan pendaftaran. Berapa banyak pelanggan Anda yang aktif menggunakan program loyalitas? Dan berapa banyak pelanggan yang telah mendaftar untuk program loyalitas?

Jelas, jika pelanggan di bengkel terdaftar dalam program loyalitas tetapi tidak memanfaatkan maka program loyalitas ini sebenarnya tidak efektif. Hal yang sama berlaku untuk pendaftaran. Jika staf secara aktif meminta pelanggan untuk mendaftar ke program loyalitas, dan tingkat konversinya rendah program ini juga tidak berhasil. Sekali lagi, pelajari lebih dalam data program loyalitas setiap bulan atau setiap tiga bulan untuk melihat berapa banyak pelanggan yang aktif menggunakannya dan berapa banyak pendaftaran baru yang didapatkan.

Peningkatan Kunjungan Kembali

KPI penting lainnya yang harus diperhatikan saat menentukan apakah program loyalitas bengkel berhasil adalah kunjungan kembali. Apakah pelanggan Anda benar-benar datang kembali ke bengkel mobil setelah mobil mereka diservis dan mendaftar untuk program loyalitas? Rata-rata, pelanggan yang terdaftar dalam program penghargaan loyalitas datang dua kali lebih sering daripada mereka yang tidak. Jadi, lihat analisisnya dan cari tahu. Jika Anda tidak melihat peningkatan dalam kunjungan kembali, ada sesuatu yang terjadi.

Pada akhirnya, bengkel mobil Anda membutuhkan program loyalitas yang dapat melakukan semuanya; salah satu yang memiliki fitur user friendly yang dibuat untuk siapa saja tetapi juga benar-benar berfungsi untuk apa yang dimaksudkan untuk dilakukan. Meskipun ada banyak platform yang menawarkan program penghargaan loyalitas, tidak banyak yang dibuat khusus untuk industri perbaikan mobil.

Software Bengkel Turboly menawarkan hal tersebut dengan menyediakan solusi customer membership dan loyalitas untuk bengkel mobil yang ingin memberikan program loyalitas yang efektif kepada pelanggan mereka, sambil juga mengintegrasikan dengan platform loyalitas pihak ketiga untuk solusi pemasaran digital yang meningkatkan jumlah pelanggan dan ARO.

Baca Juga : Jenis Pengeluaran Bulanan Bengkel Mobil Untuk Membantu Anda Membuat Anggaran

turboly.com