Tugas dan Tanggung jawab Seorang Service Advisor

image

Peran Penting Service Advisor Dalam Pelayanan Pelanggan

Service Advisor adalah orang pertama di bengkel mobil yang akan dihubungi oleh pelanggan, dan mereka adalah orang yang akan berkomunikasi dengan pelanggan di sebagian besar waktu mereka di bengkel. Karena kebutuhan akan perbaikan otomotif seringkali mendadak dan mendesak, pelanggan di bengkel mobil biasanya memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari biasanya. Seorang Service Advisor yang efektif akan mampu memastikan bahwa pelanggan mereka merasa diperhatikan dan didengarkan selama mereka berada di bengkel.

Berikut adalah serangkaian tugas dan tanggung jawab seorang service advisor di bengkel mobil :

  1. Bertanggung jawab melayani kebutuhan pelanggan yang datang dan keluar bengkel dengan mendengarkan, menganalisa, dan menjelaskan tentang kerusakan kendaraan, membuat estimasi waktu serta biaya untuk mencapai kepuasan pelanggan, serta menjaga kerapian data-data kendaraan pelanggan.

  2. Melayani pelanggan, yaitu menganalisa kerusakan dan memeriksa kendaraan, serta menjelaskan hasil pemeriksaan pada pelanggan.

  3. Memasukkan data keluhan pelanggan mengenai kondisi kendaraan pelanggan ke komputer.

  4. Membuat Surat Perintah Kerja Bengkel (PKB).

  5. Membuat penawaran dari pekerjaan perbaikan kendaraan atau estimasi biaya dan waktu perbaikan pada pelanggan.

  6. Menginformasikan pekerjaan tambahan bila ada kepada pelanggan beserta estimasi biaya dan waktu tambahan yang diperlukan.

  7. Memeriksa kendaraan yang telah diperbaiki, apakah sesuai dengan Perintah Kerja Bengkel (PKB).

  8. Melakukan test drive dan memeriksa keberadaan parts bekas di dalam kendaraan.

  9. Menyerahkan kembali kendaraan pada pelanggan dalam keadaan bersih berikut suku cadang bekas sesuai dengan Form Pemeriksaan Kendaraan (FPK).

  10. Melakukan follow up ke pelanggan setelah 2-3 hari kendaraan diperbaiki di bengkel.

  11. Mengingatkan pelanggan untuk melakukan perawatan berkala berikutnya pada saat selesai perawatan perbaikan.

  12. Melakukan update data pelanggan beserta riwayat kendaraan untuk setiap perawatan yang telah selesai dikerjakan yang dipakai sebagai dasar Customer Relationship Management (CRM).

Baca Juga : Jenis Pengeluaran Bulanan Bengkel Mobil Untuk Membantu Anda Membuat Anggaran

Kesimpulan

Service Advisor merupakan ujung tombak awal pelayanan pelanggan di bengkel. Pengalaman dan jam terbang di dunia bengkel adalah kunci menghasilkan pelayanan ramah dan analisa akurat dari Service Advisor. Untuk mendukung kinerja service advisor, diperlukan software bengkel mobil dengan fitur yang lengkap dan tentunya user friendly.

Aplikasi Bengkel Online Turboly, merupakan software ERP bengkel mobil berbasis web yang memiliki fitur lengkap untuk mendukung operasional bengkel mobil. Jadwalkan demo sekarang dan temukan solusi bengkel mobil terbaik.