3 Strategi Pasca Pembelian Untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan

image

Retensi pelanggan retail mengacu pada kemampuan Anda untuk mempertahankan pelanggan dari waktu ke waktu. Taktik retensi pelanggan dirancang untuk meningkatkan nilai pelanggan dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia.

Pengalaman pasca pembelian

Waktu terbaik untuk memulai strategi retensi pelanggan Anda selain segera setelah pembelian.

Proses mendorong dan meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian adalah sebuah usaha yang tidak ringan. Sekarang saatnya mengembangkan pengalaman pelanggan yang membuat mereka kembali lagi. Ada tiga bidang utama dari pengalaman pasca pembelian yang penting untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ini adalah kiat praktik terbaik kami untuk memastikan bahwa perjalanan pasca-pembelian pelanggan Anda dioptimalkan dan bekerja untuk menginspirasi loyalitas yang layak diperoleh merek Anda.

Email transaksional

Email transaksional sangat berbeda dengan email pemasaran.

Sebagai permulaan, email transaksional adalah satu-ke-satu. Mereka umumnya berisi informasi penting yang dibutuhkan pembaca untuk menyelesaikan transaksi atau proses. Contoh tipikal dari ini adalah tanda terima email. Mereka dipicu oleh tindakan pelanggan dan biasanya membutuhkan waktu desain yang sangat sedikit.

Tapi itu tidak berarti mereka harus sederhana. Beberapa langkah yang sangat sederhana dapat meningkatkan email transaksional Anda dari dasar menjadi brilian.

Personalisasi

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mempersonalisasi pemasaran email Anda, termasuk email transaksional Anda. Bahkan personalisasi nama depan dasar berdampak pada penerima (baca : pembeli). Pembeli cenderung menyukai untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang impersonal, membuat mereka merasa lebih diperhatikan. Jangan sampai kehilangan pelanggan hanya kurangnya personalisasi. Personalisasi adalah strategi management retail sederhana yang dapat Anda terapkan bahkan dengan data pelanggan yang paling minim sekalipun. Sedikit membantu dan membantu pelanggan merasa lebih dari sekadar nomor pesanan saat Anda mempersonalisasi email transaksional Anda.

Rekomendasi produk

Pentingnya rekomendasi produk terus berkembang. Pelanggan modern menganggap rekomendasi produk sebagai bagian penting dari pengalaman mereka. Memiliki staff penjualan yang mamu memberikan rekomendasi produk adalah cara terbaik, namun jika toko ritel sudah masuk ke dunia digital maka menambahkan rekomendasi produk yang terkait dengan barang yang dibeli melalui website akan membuat mereka mempertimbangkan untuk membeli lagi segera setelah mereka menyelesaikan transaksi ini.

Baca Juga : 3 Layanan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

turboly.com)