BAGAIMANA MENINGKATKAN BISNIS RITEL ANDA MELALUI BULK SELLING

image

Pada titik tertentu, setiap pemilik bisnis akan menghadapi dilema. Apakah Anda membuka toko kedua, atau menjual online, pertanyaannya hanya satu : bagaimana mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan pendapatan dengan waktu yang singkat?

Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan bisnis ritel yang sukses adalah dengan menjual lebih banyak produk. Satu pendekatan umum untuk mencapai penjualan produk yang lebih tinggi adalah melalui penjualan grosir. Penjualan grosir adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pendapatan Anda tanpa investasi besar dalam pemasaran dan periklanan.

Bisnis grosir atau distributor terlihat sederhana, tapi beberapa faktor yang ingin Anda pertimbangkan saat memutuskan apakah grosir adalah pendekatan terbaik untuk model dan penawaran bisnis?.

Ada beberapa variasi dalam bagaimana peluang grosir akan terlihat tergantung pada jenis produk yang Anda jual, tetapi pada tingkat dasar, “grosir” mengacu pada peluang penjualan di mana Anda menjual produk Anda dalam jumlah besar ke ritel/ pengecer pihak kedua yang akan menjual kembali barang-barang tersebut kepada pelanggan mereka sendiri.

Saat bisnis ritel memiliki jumlah stok dalam jumlah besar, hampir pasti akan ada peluang untuk masuk ke grosir. Anda juga dapat menjual dalam jumlah besar kepada pelanggan Anda secara kredit. Kredit memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan mudah dan Anda dapat melacak pembayaran Anda melalui Sistem Distribusi Grosir Turboly. Sistem distribusi grosir ini akan membantu toko Anda dalam menjual barang secara massal dan kredit sehingga Anda juga dapat meningkatkan basis pelanggan Anda.

Ada banyak manfaat bisnis grosir :

  • Peningkatan volume pesanan: Anda dapat menerapkan ambang batas pesanan minimum dan menawarkan tingkatan harga untuk mendorong volume pesanan yang tinggi per pembeli grosir.

  • Pendapatan yang konsisten: Jika pembeli grosir Anda menemukan bahwa produk Anda sukses di toko mereka, mereka akan terus memesan dari Anda — dan Anda akan menghasilkan pendapatan yang konsisten (bahkan mungkin lebih banyak di sekitar hari libur).

  • Dukungan pemasaran: Ketika produk Anda dijual oleh pengecer lain, mereka mungkin melakukan pemasaran mereka sendiri untuk produk tersebut selain upaya pemasaran dan periklanan Anda sendiri.

  • Peningkatan eksposur produk: Karena produk Anda ditampilkan di toko ritel lain, pelanggan yang mungkin tidak tahu tentang toko Anda akan melihat produk Anda. Mereka akan dapat mengetahui lebih lanjut tentang bisnis dan penawaran Anda, serta membeli produk Anda di tempat mereka telah berbelanja.

Namun, ada beberapa potensi negatif yang ingin Anda pertimbangkan saat membuat keputusan untuk pindah ke dunia grosir:

  • Margin keuntungan yang lebih rendah: Anda harus menjual barang individual Anda dengan harga satuan yang lebih rendah agar pengecer dapat menjual produk Anda dan mendapatkan keuntungan sendiri.

  • Memerlukan volume produksi yang lebih tinggi: Sebelum Anda dapat menjual secara grosir, Anda harus memastikan metode produksi Anda mampu menangani volume pesanan yang tinggi secara tepat waktu.

  • Potensi hilangnya kendali pemasaran: Mungkin lebih sulit untuk mengontrol semua pesan pemasaran jika pembeli grosir Anda mempromosikan produk Anda melalui saluran pemasaran mereka; meskipun Anda dapat menentukan apa yang dapat diterima dalam syarat dan ketentuan Anda.

  • Pembayaran tertunda: Tergantung pada persyaratan yang Anda setujui, Anda mungkin tidak langsung menerima pembayaran untuk pengiriman pertama Anda. Banyak pengecer ingin membayar hingga 30 atau hingga 60 hari setelah menerima faktur Anda. Anda harus memiliki modal yang cukup untuk menutupi biaya produksi sampai Anda menerima pembayaran — jadi ada baiknya untuk merencanakan ke depan. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi seperti Udhaar dapat membantu Anda melacak pembayaran secara efisien.

  • Strategi penjualan yang berbeda: Bahkan jika Anda sangat sukses di pasar, Anda harus mengembangkan strategi penjualan yang berbeda untuk menawarkan kepada pengecer dan pembeli grosir. Penjualan grosir sangat berbasis hubungan dan mengharuskan Anda untuk merasa nyaman pergi ke pertemuan penjualan dan menawarkan lini produk Anda 1:1 kepada pembeli.

Jadi, apa perbedaan grosir dengan penjualan langsung ke pelanggan yang telah Anda lakukan sejauh ini? Perbedaan yang paling jelas adalah bahwa Anda berurusan dengan bisnis daripada individu, dan mereka membuat keputusan berdasarkan berapa banyak uang yang akan dihasilkan dari sebuah produk.

Baca Juga : Alasan Terjadinya Sales Order Return dalam Bisnis Grosir

turboly.com