Jenis Pelatihan Untuk Staff Ritel

image

Memberikan pelatihan dengan berbagai macam gagasan baru dari berbagai peran dalam bisnis ritel Anda adalah salah satu kunci untuk menciptakan program pelatihan yang tidak hanya efektif, tetapi juga menarik. Tapi mengapa memberikan pelatihan merupakan hal yang penting? Karena sebuah bisnis retail dengan tenaga kerja yang terlibat langsung dalam proses penjualan dapat menghasilkan profitabilitas dan produktivitas lebih tinggi daripada tenaga kerja yang tidak terlibat langsing.

Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat secara singkat beberapa pelatihan karyawan ritel yang memiliki peran khusus :

Mungkin jenis pelatihan khusus sesuai role adalah paling penting, pelatihan penjualan retail memberi staf Anda keterampilan dan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menjual produk Anda secara efektif kepada pembeli.

Pelatihan penjualan ritel modern memperhitungkan cara keseimbangan kekuatan telah bergeser dari penjual ke pembeli. Dengan akses informasi yang semakin mudah, pembeli dapat dengan mudah meneliti produk, membandingkan toko, memeriksa harga, dan membaca ulasan tanpa harus masuk ke toko Anda, terutama jika toko retail memiliki toko online.

Alih-alih mendorong penjualan cepat, tenaga penjualan ritel harus fokus pada bagaimana mereka dapat menambah nilai pada pengalaman berbelanja. Peran Anda sebagai pemilik atau store manajer harus memberdayakan tim Anda dengan pelatihan yang diperlukan untuk melakukan itu.

Pertimbangkan juga apa yang ditawarkan oleh pengalaman berbelanja di dalam toko daripada membeli secara online. Contoh nyata dari mencoba pakaian, memegang produk di tangan Anda dan membandingkan pilihan bersaing secara langsung adalah semua hal yang jauh lebih sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk dilakukan secara online. Fokuskan pelatihan penjualan ritel Anda pada jenis pengalaman ini dan saksikan penjualan Anda meroket.

Pelatihan layanan pelanggan ritel

Layanan pelanggan dan penjualan memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang disadari banyak orang. Pada akhirnya, kedua belah pihak berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dan ketika dijalankan pada tingkat tertinggi, layanan pelanggan sering kali terlihat seperti jenis penjualan yang lebih lembut.

Ketika berhadapan dengan pelanggan yang tidak senang atau bingung, penting untuk diingat bahwa perubahan paradigma yang sama yang terjadi dalam penjualan juga mempengaruhi layanan pelanggan. Sangat mudah bagi pelanggan untuk melihat apakah orang lain mengalami masalah yang sama. Hal yang sama berlaku untuk meneliti solusi yang mungkin. Dengan mengingat hal itu, perilaku tim Anda dan cara mereka menangani situasi sulit adalah satu-satunya pembeda nyata Anda dari pesaing.

Tujuan utama dari pelatihan pelayanan pelanggan adalah untuk membantu tim Anda mempertahankan sikap positif ketika berhadapan dengan pelanggan yang marah, sambil melakukan semua yang mereka bisa untuk memastikan pelanggan pergi lebih bahagia daripada mereka datang. Dengan mengingat hal itu, sebagian besar usaha Anda harus dihabiskan untuk memainkan kemungkinan situasi dengan staf Anda. Materi pelatihan tertulis atau video dapat menjadi dasar, tetapi tidak ada yang menggantikan permainan peran dan skenario langsung untuk menjadi ahli dalam menangani pelanggan yang sulit.

Pengetahuan produk

Penting bagi staf penjualan dan layanan pelanggan Anda, pengetahuan khusus produk dapat membedakan Anda dari pesaing, sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak hanya itu, memposisikan diri Anda sebagai pakar kategori, dan mewujudkannya, dapat menjadi keuntungan bagi reputasi merek Anda.

Beberapa cara paling efektif untuk memastikan tim Anda memiliki pengetahuan produk tingkat atas.

  • Berikan staf Anda produk sehingga mereka dapat melihat bagaimana produk tersebut cocok dengan kehidupan sehari-hari mereka.
  • Buat video pelatihan, lembar spesifikasi, dan info lain yang dapat dipelajari oleh tim Anda.
  • Lakukan sesi role play di mana pengetahuan produk tim Anda diuji.
  • Buat kompetisi internal di mana staf Anda diadu satu sama lain dalam ujian pengetahuan produk.

Pelatihan untuk pengetahuan produk bisa terasa sangat mirip dengan sekolah. Ini belum tentu cara yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Solusinya adalah membuatnya menjadi permainan atau menghubungkannya dengan sesuatu yang penting seperti kinerja penjualan untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan agar efektif.

Pelatihan Software Point of Sale (POS) Online

Software POS Online merupakan alat untuk mendukung proses operasional secara efektif dan efisien. Pelatihan Software POS Online wajib dilakukan untuk setiap staff retail sesuai dengan role yang mereka miliki sehingga seluruh data akan tercatat dan menghindari cara kerja manual. Buatlah jadwal pelatihan berdasarkan fungsi mereka misalnya kasir, gudang/ store keeper, hingga ke bagian A/R atau penagihan.

Semakin staff retail memahami penggunakaan Software POS Online maka otomatis akan menghasilkan proses kerja yang efektif, aman dan akurat.

Pelatihan karyawan yang baik, menggunakan Sistem Point of Sale (POS) dengan tepat akan menciptakan retail management yang sukses.

Baca Juga : Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

turboly.com)