3 Cara Mempersiapkan Anggaran Tahunan

image

Menjelang akhir tahun bagi perusahaan artinya adalah musim penyusunan budget/ anggaran sudah dekat. Ini dimulai pada awal September, dengan tim keuangan berharap untuk menyelesaikan anggaran tahunan sebelum batas waktu tahunan yang mereka tetapkan, biasanya pada bulan Desember. Pentingnya anggaran tidak dapat dilebih-lebihkan. Perusahaan perlu menetapkan rencana dan mengidentifikasi peluang yang akan menjaga operasi bisnis serta mempercepat profitabilitas. Keakuratan dan efisiensi proses penganggaran sangat penting untuk keberhasilan Perusahaan.

Sekarang saatnya untuk maju. Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat proses penyusunan anggaran yang sebenarnya tidak terlalu memusingkan daripada biasanya. Mempersiapkan sekarang dapat meningkatkan kolaborasi antar departemen dan mendorong proses yang lebih efisien secara keseluruhan, begini caranya.

Berkolaborasi

Sebelum masuk terlalu jauh ke dalam proses penganggaran, para pemimpin perencanaan dan penganggaran di seluruh perusahaan perlu duduk bersama pimpinan dan mengevaluasi kembali tujuan dan harapan. Apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil di tahun-tahun sebelumnya? Sangat penting bahwa para pemimpin menetapkan tujuan dan harapan, kemudian menguraikan asumsi untuk pencapaian yang mereka semua pahami dan setujui. Setelah tujuan dan harapan ini ditetapkan, pemimpin perencanaan dan penganggaran harus mengidentifikasi semua pemangku kepentingan yang akan terlibat dalam proses penganggaran dan kapan mereka perlu dilibatkan. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu meningkatkan proses penganggaran pada puncaknya.

Pengumpulan data

Sebagian besar profesional perencanaan dan penganggaran dapat setuju bahwa mengumpulkan data dari seluruh Perusahaan adalah proses yang menyakitkan. Perusahaan menyimpan data dalam sistem yang berbeda-beda akan membuat proses penganggaran menjadi sulit. Setiap kali data berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya, ada ruang untuk kesalahan manusia. Bagian keuangan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan merekonsiliasi data sebelum penganggaran yang tepat dapat dimulai. Pemimpin perencanaan dan penganggaran perlu secara jelas menguraikan semua sumber data yang diperlukan untuk proses penganggaran dan menetapkan irama pengumpulan. Fokus pada area yang menjadi perhatian di mana risiko paling besar ada dalam proses dan berusaha untuk menutup kesenjangan. Banyak Perusahaan beralih ke sistem erp yang akan menggabungkan semua data, memungkinkan keuangan untuk memiliki pandangan kinerja yang komprehensif dan disepakati untuk penganggaran.

Efisiensi selalu menjadi yang utama. Bagaimana tim tidak hanya bertahan pada musim penganggaran, tetapi juga melakukannya secara efisien dan efektif, dan berkembang? Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua, jadi inilah beberapa ide/strategi yang terbukti membantu:

Mengadopsi teknologi baru seperti Sistem ERP berbasis cloud akan mengubah cara tim perencanaan melakukan penganggaran dan analisis mereka. Jika Anda belum pernah menggunakan solusi sistem erp, sekaranglah saatnya.

Gunakan template sederhana untuk pengumpulan data: Jangan membuatnya lebih sulit dari yang seharusnya. Manfaatkan template sederhana dan dapat disesuaikan yang mudah dipahami oleh mitra bisnis. Hal ini akan meningkatkan kerjasama antar tim.

Gali cara pengumpulan data: Apakah ada peluang untuk mengotomatiskan impor data? Bagaimana tim Anda membuat dan mendistribusikan informasi? Bekerja dengan mitra internal untuk merampingkan proses agregasi data Anda.

Memanfaatkan forecasting secara berkelanjutan: Tren berkelanjutan di dunia keuangan, prakiraan bergulir memungkinkan tim keuangan meninjau kembali anggaran secara teratur dan memperkirakan ulang jika perlu, berdasarkan informasi baru. Biasanya, perkiraan bergulir diperpanjang 6-12 bulan ke depan, memberi bisnis kelincahan untuk mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik dan bersiap untuk mengelola melalui gangguan.

Baca Juga : Software Akuntansi Online

turboly.com