Menggunakan Data untuk Mendorong Pemasaran yang Lebih Baik

image

Sistem Point of Sale (POS) Online ecommerce memiliki visibilitas yang baik atas tren pembelian. Meskipun informasi ini dapat mendorong pengalaman pelanggan yang lebih baik, tantangannya adalah mengubah data ini menjadi komoditas yang dapat digunakan

Ada banyak banyaknya data yang dihasilkan setiap hari namun berarti tidak semua data memiliki nilai yang sama.Selain itu, bergantung pada tujuan yang ingin dicapai, diperlukan informasi internal yang tidak dihasilkan oleh Sistem Point of Sale (POS) Online ecommerce. Itu berarti mungkin memiliki informasi data lain yang tidak kita bahas dalam artikel ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan data apa yang layak digunakan.

1. Akurat

Mungkin ini tidak perlu dikatakan lagi, tetapi data sama berharganya dengan keakuratannya. Semakin dapat meningkatkan keakuratan informasi pelanggan dalam sistem, semakin dapat mempercayai informasi tersebut untuk memandu keputusan pemasaran.

2. Unik

Duplikat data juga menjadi masalah. Terkadang data yang berbeda menyebabkan duplikat. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kesalahan manusia atau kesalahan sistem. Tapi bagaimanapun juga, dengan memiliki beberapa catatan dari pelanggan yang sama. Itu akan mempengaruhi pengalaman pelanggan dan efisiensi tim di dalam analisanya

3. Lengkap

Data yang tidak lengkap menyebabkan visibilitas “abu-abu”. Semakin banyak field data yang dilengkapi dalam Sistem POS , akan semakin banyak yang dapat dilakukan tim penjualan dan pemasaran dengan tren pelanggan. Singkatnya, jika toko retail memiliki kumpulan data, dapat membuat informasi ini lebih bermanfaat dengan terus melengkapi field data.

Manfaat menggunakan data internal (diluar sistem)

Kumpulan data internal berharga karena beberapa alasan. Sebagai data awal yang sudah tersedia sebelumnya. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya, dan terakhir mudah diakses.

Kumpulan data yang dihasilkan internal adalah sesuatu yang bisa membedakan bisnis retail Anda dibandingkan kompetitor. Kekuatan data inilah salah satu cara untuk membangun merek dengan cara yang otentik dan unik bagi perusahaan Anda.

Dari perspektif pemasaran, data konsumen juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memahami audiens target. Hasil? Komunikasi yang lebih baik. Kumpulan data yang hemat biaya dan unik membantu menciptakan pesan yang tepat untuk pelanggan Anda.

Tantangan untuk pemasaran berbasis data

Dalam pemasaran, terkadang saluran pemasaran membuat tim tidak melihat tren. Misalnya, platform media sosial dan analisis situs web bekerja sama untuk membuat pesan yang lebih baik.

Toko Ritel yang memiliki online ecommerce seringkali memiliki database yang berbeda untuk menyimpan data pelanggan online dan data tatap muka. Itulah sebabnya banyak merek beralih ke Sistem POS Online dengan CRM yang membantu mengelola dan meningkatkan hubungan pelanggan untuk toko ritel online.

CRM juga membantu memetakan data untuk tim pemasaran. Faktanya, banyak dari kumpulan data internal dalam artikel ini dapat diakses melalui Sistem POS dengan CRM yang andal.

Baca Juga : Pengiriman Barang Menciptakan Pengalaman Belanja yang Menarik

turboly.com