Pengiriman Barang Menciptakan Pengalaman Belanja yang Menarik

image

Pengalaman pelanggan adalah tujuan dari bisnis ritel. Memberikan pengalaman pelanggan terbaik adalah hal yang paling penting yang harus dicapai bisnis retail agar berhasil.

Trend baru dalam bisnis retail di masa pandemi saat ini adalah belanja online. Jadi, ada 1 aspek penting yang sangat berpengaruh kepada pengalaman pelanggan yaitu pengiriman. Banyak bisnis retail menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang luar di situs eCommerce mereka, tetapi kurang memikirkan apa yang terjadi setelah pelanggan melakukan pembelian.

Belanja online memiliki jangkauan kemungkinan pengiriman yang jauh lebih luas daripada toko offline di mall atau toko tradisional, dan serta tren global menunjukkan pentingnya hal ini untuk pengalaman pelanggan. Pelanggan lebih menuntut dari sebelumnya mereka menginginkan barang mereka lebih cepat, dan mereka menginginkan pilihan yang lebih luas tentang cara mendapatkannya. Dalam bisnis retail online kecepatan pengiriman adalah faktor pendorong pembelian bukan harga, banyak customer bersedia membayar untuk pengiriman yang lebih cepat dibandingkan harga murah tapi pengiriman memakan waktu lama. Kecepatan pengiriman merupakan pertimbangan belanja online yang penting. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya volume pengiriman instant menggunakan ojek online atau sejenisnya.

Kunci dari pengalaman pelanggan online yang positif dalam hal pengiriman dan pengambilan tampaknya adalah bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua pilihan itu penting.

Jadi apa saja pilihannya pengiriman jika bisnis retail akan meningkatkan pengalaman pelanggan saat berbelanja online :

Pengiriman gratis - Standar

Pengiriman ke titik pengambilan – ini penting untuk retail online saja, tetapi juga merupakan pilihan yang bagus untuk toko batu bata dan mortir juga. Kemitraan dengan, katakanlah, toko serba ada dan pompa bensin dapat memberikan pilihan lokasi yang lebih luas daripada yang ditawarkan pengecer melalui jaringan toko mereka.

Pengiriman pada hari yang sama dan/atau hari berikutnya – pelanggan bersedia membayar lebih untuk opsi ini.

Pickup in Store – menyiapkan barang untuk diambil dalam waktu tertentu setelah pelanggan melakukan pemesanan. Dengan esensi kecepatan, komunikasi status pesanan melalui pesan teks, papan nama yang jelas, dan area parkir khusus meningkatkan pengalaman.

Teknologi ritel untuk menerapkannya

Setelah Anda memutuskan opsi yang akan ditawarkan, perlu memastikan bahwa ada dukungan teknologi yang tepat untuk mengaktifkannya. Diperlukan memerlukan situs eCommerce yang canggih, dirancang dengan baik, dan dengan informasi produk dan pengiriman yang jelas, serta proses pembayaran yang lancar. Pastikan bahwa sistus eCommerce Anda memiliki kemampuan terintegrasi untuk menawarkan berbagai pilihan pengiriman, dan khususnya Same day dan Pickup in Store.

Terakhir, diperlukan sistem inventory online yang bisa mendukung dan mudah untuk mengelola stok di satu tempat.

Baca Juga : 6 TREN TEKNOLOGI MENGUBAH MASA DEPAN INDUSTRI RITEL

turboly.com