5 Taktik untuk Meningkatkan Penjualan Konsinyasi

image

Meningkatkan penjualan konsinyasi mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Terkadang, itu adalah hal-hal kecil. Tindakan kecil yang tampaknya tidak signifikan yang membuat semua perbedaan bagi pelanggan. Seringkali, meningkatkan penjualan konsinyasi bahkan bisa sangat mudah. Cobalah beberapa di antaranya dan lihat apakah mereka tidak membuat perbedaan dalam keseluruhan penjualan :

1.) Staff Penjualan yang Ramah

Apa salah satu aset penting yang dimiliki toko offline ? Jawabannya adalah Staff. Salah satu cara Meningkatkan penjualan konsinyasi dimulai dengan layanan pelanggan yang tepat. Latih staff penjualan dengan ilmu layanan pelanggan yang prima, disertai dengan kemampuan dan kemahaman product knowledge yang baik, sehingga kehadiran mereka bisa memberikan solusi atas kebutuhan pelanggan bukan sebaliknya.

2.) Tentukan Segmentasi yang Tepat

Cek kembali area kasir dengan Sistem Point of Sale (POS) di toko. Apakah disana dipajang produk-produk impulsif dijual? Ini adalah cara tercepat untuk meningkatkan penjualan toko. Baik toko retail ponsel, kosmetik dan produk kecantikan hingga barang-barang otomotif. Pastikan menempatkan produk-produk impulsif untuk memanfaatkan segment pelanggan Anda. Selain itu, tipe pelanggan speciality store saat ini adalah generasi muda yang menuntut semuanya bekerja dengan cepat, akan sangat mengganggu mereka jika proses pembayaran di kasir ribet dan lama, memiliki sistem POS terupdate yang berjalan dengan cepat dan mudah.

3.) Penetapan Harga Bersaing

Konsinyasi dan penjualan kembali berada dalam posisi yang sangat unik dalam hal penetapan harga. Karena sebagian besar barang dagangan memiliki margin yang berbeda dan mungkin juga nilainya berubah-ubah. Merek dan kualitas semuanya menentukan harga suatu barang. Banyak toko ritel menggunakan penetapan harga berdasarkan biaya. Penetapan harga berdasarkan biaya dimulai dengan biaya produksi suatu barang. Kemudian, kisaran ditetapkan untuk harga jual. Harga bisa berubah menurut dengan supply dan demand, serta nama merek atau hingga tambahan layanan khusus yang diterima pelanggan.

4.) Manfaatkan Semua Indera

E-commerce tidak dapat memberikan konsumen pengalaman belanja penuh. Kontak fisik masih menjadi keunggulan, khususnya untuk toko offline. Biarkan pelanggan merasakan toko Anda sepenuhnya. Maksimalkan ruangan yang ada di toko sehingga pembeli dapat bergerak dan menyentuh barang dagangan dengan mudah. Jadikan toko berkesan dengan aroma yang menyenangkan juga. Tahukah Anda bahwa aroma adalah indra terkuat yang mempengaruhi keputusan pembelian? Jawabannya adalah Emosi yang mendorong 80% dari pengambilan keputusan.

5.) Program Loyalitas Pelanggan

Dampak program loyalitas pelanggan program loyalitas rata-rata membelanjakan lebih banyak dengan daripada pembeli yang tidak mengikuti program loyalitas.” Meningkatkan penjualan konsinyasi berarti memberikan kembali kepada pelanggan yang paling setia. Jadikan program loyalitas atau hadiah menarik. Poin atau hadiah perlu diakumulasikan dengan cepat. Suatu penelitian menemukan bahwa jika pembeli diberikan poin saat mereka mengikuti program, mereka cenderung menghabiskan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Banyak sistem POS seperti Turboly POS Retail memiliki program Poin yang bisa mendorong peningkatan penjualan.

Baca Juga : Cara Mengatur Strategi Konsinyasi

turboly.com