Menggunakan Segmentasi supplier Untuk Memaksimalkan Hubungan supplier

image

Segmentasi supplier mengacu pada proses membagi supplier ke dalam kelompok yang berbeda sehingga Anda dapat mengalokasikan sumber daya Anda untuk mengelolanya dengan lebih baik. Ini adalah salah satu bagian inti dari sistem pembelian dan supplier.

Segmentasi supplier penting karena perusahaan harus membangun kemitraan yang berkelanjutan dengan supplier paling strategis untuk mendukung kepuasan pelanggan. Supplier adalah kunci keberhasilan bisnis memerlukan tingkat keterlibatan yang tinggi dan lebih fokus.

Melalui segmentasi supplier ke dalam kelompok berdasarkan tingkat kriteria seperti seberapa penting mereka untuk operasi atau berapa banyak intensitas order dengan mereka, lebih mudah untuk memutuskan pada tingkat dan jenis perhatian yang mereka butuhkan.

Mengapa mengembangkan hubungan kolaboratif dengan supplier yang paling strategis penting untuk kesuksesan perusahaan? Ini membantu untuk melakukan perbaikan proses, mengurangi biaya, dan terus mendorong inovasi dalam produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk mencapai inovasi, penting untuk bersikap transparan dengan supplier utama dan membangun kepercayaan. Umumnya, diterima bahwa hubungan strategis Anda dengan supplier penting memberikan keunggulan kompetitif dan ROI positif. Ini sangat penting bagi perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas.

Segmentasi supplier juga dapat membantu mengidentifikasi tingkat risiko, misalnya jika memiliki satu sumber pasokan untuk produk atau layanan. Jika supplier gagal, itu dapat menyebabkan gangguan besar dalam rantai pasokan dan menyebabkan pengalaman pelanggan yang negatif karena tidak dapat menyediakan produk atau layanan yang diharapkan pelanggan.

Selain pengurangan biaya, peningkatan proses, dan inovasi berkelanjutan, mengelompokkan supplier juga memungkinkan memperoleh informasi baru tentang situasi saat ini. Pada akhirnya, akan memiliki visibilitas yang lebih baik di seluruh rantai distribusi yang melengkapi untuk manajemen inventory yang lebih baik. Dengan membangun hubungan dengan supplier yang kemungkinan besar akan menyediakan produk dan layanan di berbagai kategori, akan memiliki visibilitas dan transparansi yang lebih baik.

Keuntungan lain juga dapat mengatur waktu dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik. Tidak akan mendapatkan jaminan jika memelihara hubungan yang berkesinambungan dengan supplier yang berisiko rendah tetapi juga berdampak minimal pada perusahaan. Efek lain juga dapat menyelaraskan pengembangan dengan bisnis dan tujuan dengan menilai supplier mana yang memberikan kontribusi nilai paling besar dan bagaimana hal itu selaras dengan nilai dan prioritas perusahaan.

Sistem ERP Turboy membantu mengelola supplier mulai dari penentuan segmen hingga penilaian KPI supplier. Sehingga akan mendapatkan hasil maksimal dalam pengelolaan proses pembelian dan manajemen supplier.

Baca Juga : Tips Memilih Supplier Yang Tepat

turboly.com