10 Alasan Setiap Retail Harus Menggunakan Purchase Order

image

Apakah Purchase Order masih relevan saat ini? Ditengah perkembangan teknologi yang memudahkan hubungan antara toko ritel dan supplier. Berikut ulasan 10 alasan Purchase Order masih penting untuk melakukan pemesanan kepada supplier :

Dokumentasi

Memiliki hal-hal secara tertulis adalah aturan dasar bisnis. Ini tentang melindungi diri bisnis dan memiliki riwayat untuk referensi di masa mendatang. Purchase Order adalah bagian penting dari proses.

Menyederhanakan Penerimaan dan Cetak Barcode

Umumnya dalam bisnis ritel akan mencetak barcode saat barang masuk, merujuk Purchase Order berarti bisa mencatat penerimaan barang dan disimpan dengan cepat dan mudah dalam proses pencetakan barcode melalui Sistem Inventory.

Mendeteksi Permasalahan

Menggunakan Purchase Order membandingkan barang apa yang dipesan dan apa yang diterima termasuk dengan jumlahnya. Hal ini dilakukan oleh bagian gudang tanpa perlu menunggu Purchase Invoice dari supplier.

Tandai Backorders Segera

Backorders lebih mudah dikenali saat mereferensikan Purchase Order sebelumnya. Sehingga Purchase Order yang baru dapat membuat catatan pada pesanan itu sendiri serta dalam Software Inventory secara otomatis merujuk Purchase Order sebelumnya.

Melacak Riwayat Pembelian

Bagian pembelian dapat melacak pesanan dan apa yang dikirimkan selama bertahun-tahun sebelumnya, sehingga memudahkan untuk menemukan supplier yang secara rutin bermasalah serta vendor yang mengirimkan pesanan tepat waktu.

Mencegah Double Invoice

Gunakan Purchase Order untuk memeriksa ulang harga pada Invoice dari supplier dan bisa membandingkan perubahan harga atau kuantitas.

Mengontrol Jumlah Pesanan

Dengan menggunakan Software Inventory untuk bisnis ritel, kita akan tahu berapa stok yang kita miliki miliki dan apa yang sudah pesan. Ini akan membantu untuk mencegah overstock atau duplikat pesanan.

Mengetahui KPI Supplier

Ingin memesan ulang produk satu kali yang terjual dengan sangat baik musim lalu? Mencari supplier dengan performa terbaik dalam 1 tahun terakhir jauh lebih mudah menggunakan riwayat pembelian / Purchase Order yang sudah tersimpan dalam Sistem Inventory.

Memprediksi Biaya

Menggunakan informasi riwayat Purchase Order untuk memperkirakan pengeluaran atau budgeting tahun depan. Kemudian gunakan Purchase Order saat ini untuk memastikan bahwa pemesanan tidak berlebihan.

Karyawan Sebagai Control Awal

Menghasilkan, memeriksa dan secara rutin menggunakan Purchase Order membuat semua orang lebih akrab dengan proses manajemen persediaan. Ini memberdayakan karyawan dan membuat mereka lebih mampu menangani pertanyaan, pertanyaan, dan masalah.

Baca Juga : Apa itu Purchase Order?

turboly.com