4 Cara Meminimalkan Dampak return Terhadap Profitabilitas

image

Banyak bisnis melihat return sebagai “noda”. Ini adalah pola pikir yang harus diubah, bagaimana kita memperlakukan return sebagai aspek penting dari pengalaman pelanggan dapat memberikan hasil yang positif.

Beberapa tantangan umum yang dihadapi bisnis saat berurusan dengan barang dagangan yang dikembalikan adalah:

  • Ketidakmampuan untuk melacak dan mengelola return
  • Ketidakmampuan untuk mengidentifikasi dan mencegah penipuan pelanggan
  • Kelebihan return memengaruhi keuntungan

Mengadopsi sistem point of sale (POS) dan sistem inventory dalam 1 platform membantu membuat return lebih mudah dikelola dan meningkatkan profitabilitas, tetapi ini membutuhkan fondasi teknologi dan proses yang kuat.

Visibilitas inventory. Kontrol inventory sangat penting untuk meminimalkan biaya return. Setelah item dikembalikan, penting untuk memastikan item tersebut dikembalikan ke inventory segera untuk memberikan peluang terbaik untuk menjual kembali item tersebut atau jika akan dikembalikan ke supplier.

Pemenuhan yang fleksibel. Saat terjadi transaksi penjualan, pelanggan akan memperhatikan term & condition dimana salah satu yang mereka cermati adalah bagaimana proses pengembaliannya jika barang cacat atau rusak. Tanpa proses yang tepat, hal ini dapat membebani toko dan meningkatkan harga pokok penjualan (HPP). Kemampuan untuk menerima return di tingkat toko dan menggunakannya untuk memenuhi pesanan, tanpa menimbulkan biaya tambahan untuk mengirim barang-barang tersebut kembali ke gudang atau ke supplier, sangat penting untuk meminimalkan biaya return.

Kebijakan return. Memastikan pengalaman pelanggan yang positif dengan membeli di mana saja, kembali di mana saja pengalaman berbelanja dimulai dengan kebijakan return yang ditetapkan. Kebijakan return memastikan baik pelanggan memahami barang apa yang dapat dikembalikan. Menggunakan sistem point of sale (POS) yang melacak pembelian pelanggan sangat meningkatkan kemudahan memvalidasi return dan mencegah penipuan karena pembelian pelanggan dicatat dalam sistem dan dapat diakses oleh rekanan.

Sistem POS Turboly menyederhanakan proses return dan meningkatkan keuntungan return dengan memastikan barang segera dikembalikan ke inventory, menawarkan peluang terbaik untuk menjual kembali barang. Dengan Sistem POS Turboly, bisnis dapat:

  • Terima return di toko mana saja
  • Proses claim garansi
  • Menentukan Kebijakan Return, berdasarkan waktu, kontrol No Seri / IMEI, dan proses refund

Sistem POS Turboly memastikan bahwa return dikelola secara akurat dan item yang dapat dijual membuatnya kembali ke inventory yang tersedia. Turboly POS membantu memastikan pengalaman pelanggan yang positif dengan membeli di mana saja, return di mana saja pengalaman berbelanja.

Baca Juga : CARA MENGUBAH SALES RETURN DAN CLAIM MENJADI PENJUALAN

turboly.com