Berbagai Opsi Pembayaran Retail di Toko

image

Salah satu kunci sukses dalam bisnis ritel adalah dengan memanfaatkan semua peluang. Salah satu peluang yang perlu diperhatikan adalah dengan tetap mengetahui pilihan metode pembayaran berbasis pelanggan.

Toko Ritel sudah umum untuk menerima pembayaran tunai dan kartu kredit dari pelanggan. Tetapi jika saat ini itu adalah satu-satunya opsi pembayaran yang bisa kita terima, ada peluang terjadinya kehilangan penjualan saat pelanggan saat kita tidak memiliki opsi pembayaran lainnya. Menurut survey CustomerThink, hampir 50% pelanggan yang tidak dapat menggunakan metode pembayaran pilihan mereka akan membatalkan pembelian.

Dari banyak pilihan pembayaran yang tersedia, kita harus dapat memutuskan mana yang tepat ditambahkan di toko. Kemudian, dengan bantuan sistem Point of Sale (POS) Ritel yang fleksibel seperti POS Turboly, Kita dapat mulai menerima sebagian besar opsi pembayaran dengan mudah, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan mendorong pembelian berulang dari pelanggan. Berikut beberapa jenis opsi pembayaran yang bisa ditambahkan di Toko ritel :

Tunai

Uang tunai, tentu saja, adalah metode pembayaran paling umum yang dapat diterima. Uang tunai juga tidak mengharuskan untuk meneliti pemroses pembayaran atau mengkhawatirkan biaya.

Kartu kredit dan kartu debit

Kartu kredit dan debit (diterbitkan oleh bank) telah ada sejak lama, tetapi penggunaannya masih belum begitu banyak, karena umumnya pelanggan masih condong nyaman ke pembayaran tunai.

Pembayaran seluler

Ada metode pembayaran lain yang mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun terakhir: pembayaran seluler dan ponsel, juga dikenal sebagai pembayaran tanpa kontak. Ini termasuk opsi pembayaran ponsel cerdas umum seperti Gopay, Shopee Pay, dan QRIS.

Selain itu, ada juga beberapa keuntungan pilihan bagi retailer yang menerima pembayaran seluler :

  • Kenyamanan pelanggan. Seperti yang disebutkan, lebih mudah dan lebih cepat bagi pelanggan untuk membayar dengan cara ini.
  • Arus kas. Pembayaran seluler, mirip dengan kartu kredit dan debit, biasanya masuk ke rekening bank pada hari setelah penjualan.
  • Ketersediaan data. Saat pelanggan membayar dengan ponsel mereka, berpotensi dapat menerima dan mencatat data pelanggan,

Voucher & Gift Card

Voucher & Gift Card adalah salah satu metode pembayaran yang sering didengar, dan ini adalah salah satu alat paling ampuh bagi industri ritel dalam membangun hubungan pelanggan jangka panjang.

Voucher & Gift Card, dan diskon adalah semua pendorong untuk menciptakan retensi dan loyalitas pelanggan yang lebih baik. Plus, ada beberapa manfaat utama lainnya untuk pengecer:

Pertama, kartu hadiah dan kredit toko mendorong pelanggan untuk membelanjakan lebih banyak karena mereka cenderung membelanjakan lebih banyak daripada nilai Voucher & Gift Card. Selain itu, juga bisa mendorong pembelian impulsif pelanggan saat mereka tahu ada tawaran promosi.

Baca Juga : Cara Menggunakan Sistem POS di Bisnis Ritel

turboly.com