ERP Cloud vs SaaS Mana yang Tepat untuk Anda?

image

Tidak semua Sistem Cloud ERP itu sama. Opsi biaya dan pilihan dipengaruhi oleh bagaimana Sistem ERP Cloud dihosting dan dikelola, umumnya sistem ERP itu dibagi menjadi dua yaitu single-tenant dan Sistem ERP multi-tenant yang ditawarkan sebagai model SaaS (Software as a Service). Lalu mana yang tepat untuk perusahaan kita? Itu semua tergantung pada apa yang dibutuhkan perusahaan dengan Sistem ERP nya.

ERP Cloud Single-tenant

ERP Cloud Single-tenant adalah Sistem ERP yang di-hosting di server cloud dan memiliki akses ke melalui koneksi internet aktif. Sistem ERP berbasis web tersebut di-hosting pada cloud server yang disewa oleh perusahaan secara eksklusif, artinya bisnis memiliki aplikasi virtual dan server database sendiri.

Keuntungan Sistem ERP berbasis Single-tenant yang dihosting pada cloud server dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan bagi perusahaan yang menggunakan, dimana biaya investasi hardware dapat dikurangi. Selain itu, dari segi infrastruktur ada kemudahan yang jauh lebih besar untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Server dan database dapat ditingkatkan dalam beberapa menit. Perusahaan dapat menduplikasi sistem, fitur dan semua pembaruan aplikasi ERP ke semua cabang dengan mudah sehingga dapat mempertahankan fungsi kontrol dalam bisnis. Dalam segi keamanan menggunakan ERP Cloud yang dihosting akan mendapat tingkat keamanan yang tinggi, karena ada banyak lapisan keamanan yang tersedia untuk melindungi akses pada aplikasi ERP termasuk pada penyimpanan data, sehingga menjadikan solusi Cloud ERP ini aman.

Namun perlu diingat bahwa Sistem ERP dengan berbasis Single-tenant, mengharuskan perusahaan memiliki tim IT internal atau bekerjasama dengan dengan mitra penyedia layanan ERP dan infrastruktur untuk mempermudah perusahaan melakukan penyesuaian Sistem ERP yang akan digunakan, mencakup misalnya menambahkan modul, pembaruan software, dan peningkatan fitur lainnya.

Perusahaan seperti apa yang tepat menggunakan Cloud Server Single-tenant ?

Opsi ini cocok apabila perusahaan memiliki bisnis unik dan berbeda dari perusahaan lain dimana perusahaan membutuhkan penyesuaian Sistem ERP untuk mendukung bisnis mereka. Dengan Sistem ERP yang dihosting di Cloud, maka perusahaan ini bisa memaksimalkan manfaat yang disediakan oleh Cloud ERP, seperti mobilitas yang lebih tinggi, konektivitas mitra bisnis yang lebih mudah, dan beberapa pengurangan biaya lainya.

Sistem Multi-Tenant SaaS ERP

Sistem ERP Multi-tenant atau biasa disebut Software as a Service (SaaS) menawarkan akses berbasis web ke Sistem ERP, dimana hosting dan server cloud dikelola oleh penyedia. Hampir semua Sistem ERP SaaS selalu dikelola sebagai aplikasi multi user, yang berarti bahwa semua pembaruan yang dibuat oleh penyedia layanan Software ERP akan tersedia untuk semua klien. Biaya untuk Sistem ERP seperti ini umumnya menggunakan metode berlangganan .

Keuntungan Sistem ERP berlangganan / SaaS, dapat memangkas biaya hardware server pada perusahaan dan memberikan kemudahan pengembangan bagi perusahaan. Implementasi Sistem SaaS ERP awal dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Setiap klien memiliki fleksibilitas dalam memilih modul Sistem SaaS ERP, sehingga dapat menawarkan pilihan harga yang lebih tepat untuk perusahaan kecil dan besar dibandingkan dengan Sistem ERP Single-tenent.

Perlu diingat, Sistem SaaS ERP sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan. Ini mengartikan bahwa pengguna tidak dapat mengubah konfigurasi fitur Sistem sesuai kebutuhan lebih spesifik dan secara luas disaat awal pemilihan modul, tetapi jika kemudian hari perusahaan membutuhkan sebuah fitur tambahan untuk pengembangan bisnis, hal in bisa dibicarakan dengan peyedia layanan untuk penambahan fitur tersebut.

Perusahaan seperti apa yang membutuhkan SaaS ERP?

SaaS ERP sangat cocok untuk perusahaan yang tidak memerlukan banyak penyesuaian fitur pada software. Karena opsi konfigurasi modul di dalam Sistem ERP biasanya sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar target industrinya.

Berikut adalah beberapa keuntungan ketika menggunakan Sistem SaaS ERP :

  • Kemampuan beradaptasi sesuai pertumbuhan bisnis.
  • Proses implementasi ERP yang lebih cepat
  • Menurunkan biaya investasi
  • Mengurangi sumber daya staf IT
  • Kemudahan update dan pemeliharaan

Baca Juga : 4 Cara Software Cloud Accounting Memudahkan Hari Anda

turboly.com