image

Tips mengelola keuangan bisnis ritel secara tepat

Sebagai pelaku usaha ritel selalu bertujuan memiliki keuangan bisnis yang sehat. Tujuannya, agar bisnisnya bisa berjalan secara berkeberlanjutan atau bertahan dalam jangka waktu lama.

Secara umum, manajemen keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dan mengelola dana atau aset yang dimiliki.

Salah satunya tentu dengan adanya sebuah sistem akuntansi dan keuangan. Nah selain sistem akuntansi dan keuangan, perlu juga “tindakan” keuangan untuk mencapai keuangan yang sehat. Berikut adalah tips untuk mengelola keuangan bisnis dengan tepat.

  • Pastikan pembayaran kewajiban kepada supplier ataupun karyawan yang dilakukan sesuai dengan waktu atau tidak melewati deadline yang telah ditentukan.
  • Kontrol umur kredit dan pencatatannya harus setiap real untuk memastikan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.
  • Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola keuangan haruslah orang yang tepat, memahami sistem akuntansi dan keuangan, memiliki wawasan yang sesuai dengan tanggung jawabnya.
  • Alokasikan secara rutin dana untuk investasi yang bertujuan pada pertumbuhan perusahaan.
  • Buat business plan dan pengembangan dalam waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Gunanya juga agar lebih siap untuk bersaing di masa depan.
  • Alokasikan kas untuk tujuan pembayaran pajak setiap bulan, untuk pajak yang wajib dilakukan supaya menghindari pemakaian kas berlebihan di akhir tahun.
  • Pastikan rantai distribusi dari supplier ke gudang berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan yang bisa mengganggu kestabilitasan perusahaan dan memberikan image yang buruk kepada pelanggan
  • Keakuratan nilai dan jumlah persediaan/ inventory adalah satu hal yang wajib. Hal Ini berguna menjaga permintaan dan produksi seimbang. Mengelola keuangan juga harus dapat mengelola risiko yang terjadi ketika terjadi permintaan yang melonjak atau permintaan yang mengalami penurunan drastis.

Demikian sekelumit tips mengelola keuangan bisnis dalam bisnis ritel secara tepat.

Baca Juga : 5 KPI Keuangan Dalam Bisnis Ritel

turboly.com