3 Strategi Jitu Sebelum Membuka Cabang Toko Optik Kacamata

image

Salah satu penguatan merek retail optik modern adalah membuka cabang baru baik itu dengan proyek kemitraan ataupun hasil pegembangan investasi internal perusahaan. Proyek memperluas bisnis dengan pembukaan cabang baru sangat menarik dan menantang. Ini adalah kesempatan untuk memperluas jangkauan dan membangun merek ritel kita. Seperti keputusan bisnis lainnnya, proyek pembukaan cabang baru selalu memiliki resiko, oleh karena itu perlu diperhatikan 3 hal dibawah ini sebelum kita memutuskan membuka cabang baru.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Sangat bijak dalam menentukan lokasi mempertimbangkan siapa dan dimana target pasar optik kita. Penentuan posisi pasar dan segmentasi sangat penting. Perlu dilakukan penelitian yang mendalam mengenai hal ini, terutama berdasarkan topologi pelanggan di optik yang selama ini berjalan, jenis produk dan range harga produk kita. Jika posisi merek dan kelas produk kita di segmen premium, maka memilih lokasi di mall premium adalah pilihan tepat. Pada dasarnya hal ini merupakan satu daya tarik bagi pelanggan.

SOP yang Mudah Diduplikasi?

Keberhasilan bisnis di multi lokasi sangat ditentukan dengan standar kerja dan pelayanan yang sama disetiap cabang. Maka, pentingnya staf yang terlatih keberhasilan bisnis terutama ketika bersiap untuk membuka lokasi kedua dan membutuhkan bantuan mereka untuk menjalankan operasi. Dengan SOP yang teruji dan mudah didupliasi akan membuat proses pelatihan karyawan baru menjadi lebih mudah dan karyawan pun dapat konsisten menerapkannya dimana saja tanpa canggung dan bersusah payah untuk beradaptasi kembali.

Pemilihan Sistem Optik Ritel yang Tepat

Selain lokasi dan SOP, ada 1 hal penting untuk mendukung operasional dapat berjalan dengan baik. Yaitu Sistem Optik ritel yang terintegrasi untuk membantu mengelola inventory frame dan lensa, mencatat penjualan dengan Sistem Point of Sale (POS), hingga sistem yang mendukung untuk berbagai strategi promosi dan diskon. Dengan sistem yang tepat, kantor pusat dan manajemen khususnya akan dengan mudah mendapatkan data dan informasi secara real-time tetantang cabang bisnis baru dan dapat mengambil keputusan dengan segara jika terjadi masalah yang urgent.

Baca Juga : 5 langkah untuk inventory optik yang optimal

turboly.com