Membuat Ikatan Emosional dengan Customer Optik

image

Aspek emosional customer merupakan satu hal penting yang perlu dijaga di toko optik kacamata. Aspek emosional customer merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas customer mengingat sebagian besar produk optik dan kacamata bukan merupakan produk yang akan dibeli terus menerus. Jadi, merk optik harus dibangun untuk selalu menjadi opsi pertama customer saat mereka membutuhkan.

Jangan sampai saat customer datang untuk melakukan pemesanan kacamata dengan produk yang terbaik namun mendapatkan pelayanan yang tidak maksimal dari staff penjualan di optik. Jika hal ini terjadi, tak mungkin customer akan merekomendasikan merek optik ke kolega mereka ataupun akan datang lagi nanti.

Berikut adalah 4 cara yang dapat dimaksimalkan untuk membuat ikatan emosional dengan customer di toko optik dan kacamata :

Ciptakan Personality untuk Brand Anda

Tentu setiap merek memiliki market segmen sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk menguatkan profil merek yang sesuai dengan market segment optik. Bangun personality untuk merk. Misalnya jika target market segment perempuan dan laki-laki usia muda dan dinamis, maka perlu dibangun personality merek sebagai merek yang muda, sporty dan fashionable.

Membangun Interaksi dengan Customer

Setelah menciptakan personality yang tepat untuk merek optik, maka selanjutnya adalah membangun interaksi dengan customer menggunakan personality yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika memilih untuk menggunakan personality yang sporty dan menyenangkan, maka latih staff penjualan di optik untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan santai namun tetap sopan dan menyenangkan kepada setiap customer yang masuk ke dalam area optik. Namun, jika memilih personality yang dewasa dan profesional, maka staf penjualan bisa menggunakan gesture yang biasa digunakan oleh personal assistant kepada atasannya.

Berikan Pengalaman Berbelanja Berkesan

Tidak ada satu pun customer yang akan loyal pada merek yang tidak memberikan pengalaman berbelanja yang baik. Namun, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik? bisa memulai dari design display produk, memastikan keramahan dari staff penjualan, bahkan hingga kemudahan dan opsi pembayaran bank untuk memudahkan proses pembayaran customer.

Gunakan Elemen Lain yang Mendukung Kegiatan Berbelanja

Ada berbagai elemen lain yang dapat mendukung mood berbelanja customer. Mulai dari layanan gratis cek kesehatan mata, layanan konsultasi dengan optician hingga layanan mix and match berbagai jenis lensa dan frame termasuk dengan mengaplikasikan teknologi virtual trial.

Dengan memperhatikan detail-detail tersebut, customer pasti akan merasakan hal berbeda yang akan membuat terjalinnya ikatan emosional antara mereka dan merek optik.

Itulah 4 cara untuk membuat ikatan emosional dengan customer retail khususnya di bisnis optik dan kacamata. Semoga 4 cara tersebut bermanfaat untuk kesuksesan bisnis ritel optik kacamata.

Baca Juga : Fitur Utama Sistem POS Optik

turboly.com