Bagaimana Meminimalkan Persediaan yang Rusak dan Kadaluarsa

image

Kerusakan persediaan produk di toko dan gudang bisa saja terjadi. Kerusakan ini bisa diakibatkan cacat produksi, salah penyimpanan hingga produk-produk yang hampir expired. Untuk mengurangi kerugian, biasanya persedian jenis ini akan dibuang atau dijual dengan harga yang lebih murah.

Perusahaan ritel dapat menentukan apa kerusakan normal vs abnormal mereka harus relatif terhadap jenis bisnis yang mereka miliki dan setiap bisnis akan dapat menentukan persentase rata rata kerusakan normal dan mengakui sebagai harga pokok penjualan.

Untuk meminimalkan kerusakan persediaan produk ini, perusahaan perlu melihat kembali proses di seluruh rantai distribusi. Kerusakan yang terjadi dalam perjalanan akibat pengemasan yang buruk, penanganan yang buruk, atau produk yang terlalu lama di gudang yang tidak memadai dapat dikelola seminimal mungkin.

Berikut adalah beberapa saran agar produk di gudang bisa tetap memiliki kondisi baik :

Setelah barang berada di gudang, perhatikan:

  • Periksa tanggal kadaluarsa dan apakah mendekati akhir masa pakai. Jual dengan harga diskon atau sumbangkan daripada harus membuangnya.
  • Pastikan palet di gudang berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang rusak atau cacat.
  • Pastikan staf dilatih tentang cara mengemas dan membungkus palet tanpa menyebabkan kerusakan produk.
  • Periksa pencahayaan di gudang, ini akan membantu untuk menghindari kesalahan dalam pengepakan, pengambilan, dan penanganan produk.
  • Pastikan gudang bersih, rapi, dan memiliki banyak ruang sehingga tidak mengganggu proses pengambilan barang.
  • Pastikan rak tidak kelebihan beban. Ketahui apa kapasitas rak dan posting ini di unit penyimpanan.
  • Pastikan memiliki peralatan keselamatan yang diperlukan. Jaring rak, misalnya, akan mencegah kotak jatuh dan pecah sekaligus mencegah cedera staf.
  • Kehilangan persediaan karena kerusakan dan pembusukan tidak dapat dihindari dan akan terjadi. Beberapa tips ini mungkin tidak berkaitan dengan jenis bisnis spesifik Anda, tetapi jika Anda memantau kerusakan produk dengan mengumpulkan dan menganalisis data untuk menentukan penyebab kerusakan yang paling sering terjadi dalam bisnis Anda, Anda dapat mengambil tindakan untuk menguranginya.

Point Penting

Kehilangan stok persediaan mempengaruhi nilai total persediaan. Apa pun penyebab kerugiannya, Perusahaan harus memiliki visibilitas ke persediaan produk untuk mengetahui kapan harus melakukan pembelian kembali dan dimana produk ditempatkan. Sistem Inventory Indonesia Turboly menjadi sebuah alat untuk membantu mengelola persediaan dengan menyediakan visibilitas persediaan produk yang baik.

Baca Juga : Konsinyasi Menguntungkan atau Tidak?

turboly.com)