Haruskah Membeli Ponsel Secara Online atau Offline

image

Perkembangan dunia eCommerce telah mengubah kehidupan kita sehari-hari khususnya dalam 5 tahun terakhir cobalah melakukan adalah survei di antara teman atau kerabat disekitar mengenai bagaimana cara mereka membeli produk saat ini. Kita dapat memahami bahwa sebagian besar masyarakat sekarang bergantung pada situs web eCommerce, marketplace ataupun platform online lainnya, ya walaupun masih banyak juga kita temui beberapa dari kerabat dekat kita masih berbelanja dengan cara tradisional dalam membeli produk.

Namun, popularitas ecommerce tersebut telah menciptakan dilema yang kuat di antara pengguna, ketika mereka ingin membeli elektronik dan ponsel untuk penggunaan pribadi. Lebih sering, sebagian besar bingung apakah mereka harus menggunakan platform online atau tetap datang ke toko untuk mendapatkan sensasi menyentuh produk secara langsung.

Kita akan coba membahas kelebihan dan kekurangan membeli ponsel dan produk elektronik melalui situs belanja online maupun toko offline. Sehingga kita akan dapat mengetahui perbedaan signifikannya.

Di sini, kita akan mengeksplorasi perspektif yang berbeda dalam membeli Smartphone atau produk elektronik seperti kulkas dan TV yang kita inginkan menggunakan situs eCommerce. Selain itu, harapannya sebagian besar masyarakat tertarik dengan metode ini daripada metode offline. Tentu saja, ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika membeli ponsel secara online dan yang utama adalah sebagai berikut.

Harga Murah:

Terkadang, platform ecommerce akan menawarkan diskon yang sangat menggoda, karena diskonnya mungkin lebih cukup besar ditambah gratis ongkos kirim misalnya. Selain itu, dibulan bulan tertentu atau di tanggal cantik biasanya akan ada tawaran diskon tambahan, sehingga membuat harga bisa menjadi lebih murah lagi.

Ketersediaan Produk Bisa Diketahui dengan Cepat:

Penjualan dari platform ecommerce juga memiliki visibilitas persediaan bagi pelanggan dengan jelas, bahkan untuk produk yang baru dilaunching, pelanggan bisa tahu kapan stok akan tersedia, dan bagaimana caranya jika tidak ingin kehabisan, misalnya dengan tawaran Pre-Order. Terlepas jika Pre-Order harus menunggu beberapa hari hingga diterima tapi kemudahan proses yang menjadikan Pre-order ini cukup menarik minat pelanggan.

Namun selain keuntungan diatas, kita harus mengetahui kerugian dari membeli ponsel secara online. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari pusat pengiriman, ada kemungkinan timbul kendala pengiriman dari ecommerce dapat mengurangi minat untuk mengirimkan produk ponsel ini. Juga, bagi penjualan jika semakin lama produk diterima oleh pelanggan maka dana hasil penjualan juga akan lambat diterima, jika modal pas-pasan maka hal ini bisa mengganggu cash flow. Bagi penjualan penting untuk mempertimbangkan layanan pengiriman mana yang memiliki reputasi baik agar tidak menghambat cashflow dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Setelah membahas mengenai cara membeli ponsel secara online, saatnya kita beralih ke bagaimana jika kita memilih membeli ponsel secara offline

Membeli ponsel secara offline dapat memberi beberapa keuntungan sejauh menyangkut realitas dari proses tersebut. Beberapa keuntungan penting tersebut adalah sebagai berikut :

Ketika datang ke toko ponsel untuk membeli Smartphone, pelanggan memiliki kesempatan untuk ‘benar-benar’ memeriksa perangkat sebelum membayarnya. Dengan cara itu, dapat memahami berbagai bagian perangkat, dan dengan demikian membuat lebih yakin dan jelas atas plus minus dari ponsel yang ingin dibeli. Jadi, sangat bagus jika membeli ponsel secara offline.

Pengembalian dan Garansi: Saat membeli ponsel dari toko offline, akan memiliki lebih sedikit hal yang perlu dikhawatirkan, karena selalu dapat mengunjungi toko bahkan jika menghadapi beberapa masalah dengan ponsel saat menggunakannya. Di sisi lain, di mitra online, kita akan memiliki lebih banyak tahapan untuk diselesaikan ketika claim garansi.

Sama seperti kasus penjualan online ecommerce, penjualan offline memiliki kekurangannya sendiri. Misalnya, saat produk baru belum segera tersedia di wilayah kita. Juga, harga mungkin dapat bervariasi karena biaya dan hal-hal lain ketika membeli dari toko.

Jadi, mana yang kita pilih?

Mempertimbangkan semua yang disebutkan di atas, jelas bahwa pilihan yang lebih baik adalah pembelian online, karena menawarkan harga yang lebih murah serta ketersediaan yang cepat, dll. Di sisi lain, metode offline dapat membuat ‘benar-benar’ mengetahui detail perangkat. Namun, bagi penjual penting jika berjalan di omnichannel dengan memberikan opsi kepada pelanggan untuk dapat membeli secara online ataupun offline dan pilihan omnichannel ini harus didukung kuat dengan Software toko handphone yang mumpuni yang mampu mengelola penjualan, data customer, hingga inventory dan imei manajemen dengan baik untuk menghindari kekacauan operasional.

Baca Juga : Bagaimana Ritel Handphone Dapat Meningkatkan Penjualan Melalui Inventory Control?

turboly.com