5 Hal yang Penting Dalam Keberhasilan Manajemen Persediaan Suku Cadang

image

Beberapa orang melupakan pentingnya persediaan mereka berpikir bahwa hanya aset tetap yang penting. persediaan sama pentingnya dengan aset tetap pada kenyataannya untuk beberapa sektor seperti ritel, manufaktur, perawatan kesehatan, hingga bengkel. Persediaan bahkan lebih penting daripada aset tetap itulah sebabnya pelacakan persediaan juga penting.

Ada banyak persediaan yang disimpan untuk pelayanan pelanggan di bengkel yang dikenal sebagai persediaan suku cadang. Terkadang karena kesalahan perhitungan persediaan juga menyebabkan kerugian dan hilangnya kepercayaan pelanggan. Jadi, Anda harus menjaga pelacakan persediaan suku cadang juga.

Apa itu Manajemen persediaan?

Ini adalah pendekatan sistematis untuk mengelola, memantau, menyimpan, dan menjual persediaan. Persediaan dapat berupa bahan mentah atau produk jadi. Tidak boleh ada jumlah stok yang berlebihan atau terlalu sedikit, jika dapat melakukan ini maka itu adalah manajemen persediaan yang efektif.

Apa Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Melakukan Manajemen Persediaan Spare Part?

1. Atensi pada Persediaan yang Mahal.

Persediaan bisa sama mahalnya dengan aset tetap. Kadang-kadang juga disebut sebagai stok. Hampir semua stok memiliki validitas yang harus dimanfaatkan sebelum tidak valid.

Jika tidak ingin menemukan beberapa persediaan di gudang menjadi rusak, pelacakan persediaan harus dilakukan. Ini berarti semua persediaan yang termasuk dalam kategori yang sama harus ditempatkan dalam satu lokasi dan mereka harus diberi label barcode sehingga orang selalu dapat menemukan dimana persediaan disimpan.

2. Ikuti Prosedur Perintah Kerja

Untuk industri bengkel mobil, perintah kerja harus digunakan bahkan untuk pekerjaan kecil. Melalui proses ini, akan mengetahui setiap perintah kerja (Service Work Order) & riwayatnya serta persediaan yang digunakan dalam proses tersebut.

Jika karyawan menggunakan bagian persediaan tanpa menyimpan catatan yang tepat maka tidak akan dapat melacak persediaan. Singkatnya, ketidakakuratan akan ada dalam manajemen persediaan suku cadang.

Oleh karena itu, untuk suku cadang yang efektif, manajemen persediaan harus menekankan prosedur perintah kerja formal dan tidak ada perintah kerja yang harus dilakukan tanpa dokumen yang tepat. Membuat karyawan bertanggung jawab untuk mengikuti proses formal.

3. Lakukan Audit Secara Teratur

Pengelompokan khusus persediaan dapat dilakukan untuk memastikan bahwa persediaan akurat. Persediaan dapat dibagi menjadi 3 kategori A, B, C di mana kategori A akan berisi persediaan yang mahal.

Kategori B dapat berisi persediaan semi-mahal dan kategori C dapat berisi persediaan yang tidak mahal. persediaan dapat menjadi sangat penting untuk bisnis Anda atau mungkin tidak, itu tergantung pada sifat bisnis Anda.

4. Batasi Akses Persediaan

Persediaan adalah salah satu area utama di mana keamanan adalah suatu keharusan. Persediaan harus disimpan di tempat yang aman sehingga tidak terjadi kesalahan perhitungan. Keamanan persediaan juga penting karena pencurian adalah masalah besar. Oleh karena itu, hanya orang terbatas yang memiliki akses ke gudang persediaan. Orang-orang ini harus dapat diandalkan dan bertanggung jawab atas persediaan. Bagi orang lain, area ini harus terlarang. Ini akan menjadi langkah pertama untuk mengamankan persediaan.

5. Berinvestasi dalam Software Inventory Suku Cadang

Memanfaatkan Software Inventory bengkel dapat menjadi solusi. Software Inventory Bengkel dapat memberikan peringatan dan informasi setiap pergerakannya (stock history). Maka staff di gudang atau bengkel dapat mengoptimalkan persediaan dengan lebih baik. Ini memiliki fitur pemesanan ulang yang bisa sangat bermanfaat karena membuat bebas dari mengelola persediaan secara manual.

Selain itu, ini bisa memberi Anda gambaran tentang berapa banyak persediaan yang dapat digunakan. Software Inventory Bengkel memiliki pelacakan persediaan dapat membuat proses ini otomatis dan akan mengurangi kemungkinan kesalahan.

Ketika bengkel dapat mengelola persediaan dengan lebih efektif dan mengurangi biaya persediaan dengan menghindari pemborosan persediaan. Selanjutnya, dengan software inventory bengkel akan ada keseimbangan sempurna dalam persediaan, tidak akan kelebihan stok atau stok rendah.

Kesimpulan

Manajemen persediaan suku cadang sangat penting karena merupakan hal yang paling krusial di bengkel. Jika tidak dimanfaatkan secara efektif, itu hanya akan menjadi kelebihan beban daripada menjadi sumber penghasil pendapatan.

Baca Juga : 5 Tips untuk Manajemen Suku Cadang Di Bengkel Mobil