5 Strategi Pemasaran Bengkel Motor untuk Mendatangkan Lebih Banyak Pelanggan

image

Ketika memulai bisnis bengkel motor, tim marketing harus menyebarkan informasi dan berita kepada masyarakat umum bahwa bengkel motor telah resmi beroperasi melalui kartu nama dan brosu.

Jika saat ini bengkel motor Anda telah memiliki basis pelanggan setia. Pelanggan tetap datang kapan pun mereka membutuhkan perbaikan, dan mereka mungkin juga merekomendasikan bengkel motor Anda kepada teman dan keluarga mereka. Pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) sangat efektif dan murah.

Disisi lain, efek dari media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok hingga Google Review telah mendorong pertumbuhan pelanggan potensial. Melihat fenomena ini, harus dapat menjangkau orang-orang di berbagai saluran.

Untuk menjaring lebih luas dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dengan menggabungkan pemasaran dari mulut ke mulut dengan strategi pemasaran lainnya. Inilah cara menemukan perpaduan strategi pemasaran yang tepat untuk memaksimalkan jumlah pelanggan yang akan datang ke bengkel dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Ada beberapa strategi pemasaran bengkel motor hari ini, strategi ini tetap membutuhkan perencanaan untuk mencapai keberhasilannya. Mari kita mulai dengan apa yang mungkin bisa kita lakukan sekarang.

1. Tawarkan Jenis Jasa Sulit Dikerjakan Bengkel Lain

Cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dari pelanggan yang sudah ada adalah dengan melakukan riset di kompetitor untuk jenis perbaikan yang mereka tolak karena sulit dikerjakan atau membutuhkan keahlian khusus. Dengan kata lain, bengkel motor Anda menawarkan jenis jasa spesialis.

2. Berikan Pelanggan Tips Ringan Perawatan Di Rumah

Tujuan dari hal ini adalah edukasi. Dengan memberikan edukasi dan berbagi informasi kepada pelanggan bagaimana merawat motor mereka sendiri tanpa perlu ke bengkel. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan dan menimbulkan kesan bahwa layanan di bengkel Anda tidak selalu money oriented dan lebih profesional.

3. Buat Program Loyalitas

Program loyalitas yang ditawarkan harus memiliki kesan yang berbeda dari program loyalitas yang ditawarkan oleh jenis bisnis lain. Tetapi kesamaan dari semua program loyalitas, pada intinya, adalah bahwa mereka memberi pelanggan alasan khusus untuk kembali ke bengkel. Pelanggan akan tahu bahwa dengan setiap kunjungan, mereka mendapatkan keuntungan. Contohnya sederhana, misalnya untuk setiap pembelian & pemasangan 1 set ban motor baru. Pelanggan otomatis bergabung dalam program loyalitas bengkel dan akan mendapatkan benefit gratis isi angin nitrogen dan tambal ban selamanya.

4. Tawarkan Program Referensi

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru adalah jenis modifikasi strategi word of mouth yaitu program referensi. Program referensi akan memberi insentif kepada pelanggan setia Anda untuk merujuk / merekomendasikan orang baru untuk datang ke bengkel Motor.

Program refferal ini harus memiliki sistem bengkel motor / program bengkel yang memudahkan untuk melacak siapa yang mereferensikan pelanggan baru. Cara termudah untuk melacak rujukan pelanggan adalah dengan melatih Service Advisor untuk langsung bertanya kepada setiap pelanggan baru yang masuk jika ada yang mereferensikan mereka ke bengkel. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melacak pelanggan mana yang perlu mendapatkan benefit mereka.

5. Bermitra Dengan Bisnis Lain

Salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan pelanggan baru adalah bermitra dengan bisnis lokal lain, idealnya yang menawarkan layanan yang berdekatan dengan bengkel Anda seperti bengkel cat, bengkel bubut atau bengkel spesialis lainnya.

Misalnya, Anda dapat mengatur pengaturan di mana jika pelanggan yang pergi ke bengkel ingin melakukan cat ulang motornya. Staff Service Advisor dapat merujuk bengkel cat yang sudah bekerjasama dengan Anda.

Program Bengkel Turboly yang diciptakan untuk bisnis Bengkel Motor Modern dapat mendukung strategi pemasaran diatas termasuk dengan program kemitraan yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis bengkel motor dan meningkatkan pelayanannya.

Baca Juga : Mengapa Bisnis Bengkel Motor Menarik?

turboly.com