5 Pedoman Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Audio

image

Produk audio bukan seperti produk elektronik gaya hidup lainnya, produk audio memiliki ceruk pasar yang spesifik yaitu orang yang menyukai musik dan idealnya peduli dengan suara yang bagus. Maka, pendekatan strategi penjualan dan pemasaran juga tidak dapat disamakan dengan jenis industri lain, seperti contohnya :

  • Evaluasi jenis produk audio yang ditawarkan
  • Merchandising / menata ulang showroom
  • Mengevaluasi tim sales
  • Membuat demo unit
  • Menentukan pendekatan penjualan
  • Membuat rencana untuk meningkatkan penjualan headphone, audio pribadi, audio terdistribusi, suara lanskap, dan add-on Mengatasi masalah pelatihan penjualan dan kompensasi
  • Membuat rencana pemasaran untuk menjual lebih banyak audio ke pelanggan baru dan lama dari segala usia
  • Mencari tahu cara memanfaatkan audio beresolusi tinggi dan teknologi suara home theater terbaru
  • Membuat blue print strategi untuk membantu menetapkan tujuan dan jadwal untuk mengimplementasikan strategi

Ide dan saran berikut ditawarkan untuk membantu untuk menentukan apakah, menjual lebih banyak produk audio adalah tujuan yang ingin dicapai atau tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan penjualan produk audio berperforma tinggi (dan margin lebih tinggi) dan menawarkan sebuah layanan audio khusus ke segmen yang lebih kecil.

1. Evaluasi jenis produk audio yang ditawarkan

Lihat merek loudspeaker dan elektronik berdasarkan kategori dan rentang harga untuk memastikan toko memiliki bermacam-macam barang bagus, lebih baik dan terbaik. Maka staff penjualan dapat dengan mudah memberikan opsi kepada konsumen tanpa perbedaan harga yang besar.

2. Menentukan pendekatan penjualan

Meskipun sebagian besar perusahaan ritel produk audio memiliki susunan display menggunakan strategi top-down di mana setiap orang pertama kali diekspos ke yang terbaik, dan kemudian ditampilkan alternatif dalam berbagai rentang harga, beberapa integrator lebih memilih bottom pendekatan naik, membagi penjualan menjadi sebuah kategori, mengedukasi pelanggan pada titik harga di mana mereka merasa nyaman, dan kemudian meningkat ke kualitas diatasnya.

3. Re-merchandising / menata ulang showroom

Perusahaan ritel elektronik khususnya produk audio dengan ruang pamer memiliki keunggulan kompetitif yang besar. Ada banyak cara menarik untuk meningkatkan penjualan produk audio. Idealnya, perusahaan ritel produk audio berbasis showroom akan membuat “tur toko” lengkap dengan tujuan untuk:

  • Berikan setiap klien sebuah demo luar biasa yang melibatkan mereka serta menciptakan nilai dan keinginan untuk membeli produk
  • Mendidik klien bahwa mereka membutuhkan audio yang lebih baik untuk memberikan pengalaman itu

4. Memberikan Demo Unit

Inti dari tur toko ini adalah demo mendengarkan, di mana hasil terbaik berasal dari ruangan yang telah dibuat dan diperlakukan agar menghasilkan suara bagus, dengan materi demo yang disesuaikan dengan setiap tipe produk. Staff penjualan harus terlatih dan menguasai seni dan ilmu dalam memberikan presentasi dengan luar biasa yang menciptakan kegembiraan dan mengarahkan klien melalui konversi penjualan yang alami.

5. Evaluasi Tim Penjualan

Meskipun ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan strategi menjual lebih banyak, kesuksesan akhir akan bergantung pada tingkat keahlian staff penjualan. Kemampuan untuk membuat konsumen bersemangat tentang sebuah produk yang mungkin sebelumnya tidak mereka pilih, ditambah kemampuan untuk menjalin hubungan baik, memenuhi kebutuhan, dan mendapatkan respons emosional dari demo musik yang dijalankan dengan baik membutuhkan tingkat konversi penjualan yang tinggi.

Untuk mendukung implementasi strategi yang maksimal, perusahaan ritel elektronik khususnya produk audio membutuhkan sebuah software manajemen retail agar semua proses operasional dan keuangan menjadi lebih terkontrol. Dengan solusi terukur dari Turboly, bisnis dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-toko berbasis cloud membantu Anda mengelola semua toko Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

Baca Juga : Alat dan Tips Mengelola inventory Untuk Distributor Ponsel

turboly.com