Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Dipahami Pengusaha Optik

image

Laporan keuangan perusahaan adalah dokumen yang memberikan informasi tentang kondisi keuangan dari sebuah perusahaan tersebut. Definisi laporan keuangan, dalam pengertian yang paling sederhana, adalah dokumen apa pun yang membantu menunjukkan keadaan keuangan perusahaan. Data keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan umumnya jauh lebih spesifik, dan masing-masing memiliki informasi penting. Dengan demikian, dari sebuah laporan keuangan kita dapat memperoleh gambaran lengkap tentang kondisi perusahaan dan pemahaman yang lebih dalam tentang kesehatan keuangan perusahaan.

Berikut adalah jenis laporan keuangan yang wajib kita pahami:

1. Laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui laba dan berapa uang masuk kedalam perusahaan dari penjualan jasa atau produk yang dipasarkan. Laporan ini menunjukkan pendapatan dan pengeluaran dalam beberapa waktu tertentu. Sehingga perusahaan dapat melihat apakah perusahaan telah mendapatkan laba sesuai target atau justru meleset dari target.

2. Laporan arus kas

Laporan ini menunjukkan informasi arus kas masuk dan keluar dari sebuah perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini digunakan untuk melacak dari mana uang kas diperoleh dan kemana perusahaan menggunakanya. Sederhananya laporan arus kas digunakan untuk tracking seluruh kegiatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan.

3. Neraca

Neraca umumnya akan menggambarkan kondisi perusahaan, terkait seperti aset, kewajiban bayar kepada mitra usaha dan ekuitas perusahaan. Dengan laporan neraca, kita dapat melihat valuasi bisnis saat ini, melihat neraca dapat membantu Neraca menampilkan tiga hal utama: aset, kewajiban, dan ekuitas. Neraca dapat menunjukkan nilai perusahaan saat ini dalam periode yang dicakupnya. Melihat neraca dapat membantu memahami apakah perusahaan dapat memenuhi kewajiban keuangan.

4. Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan adalah catatan atau informasi yang ditambahkan di bagian akhir laporan keuangan dan memberikan penjelasan yang lebih luas seputar keuangan perusahaan. Fungsi lain dari catatan atas laporan keuangan adalah untuk menjelaskan secara rinci akun tertentu dalam laporan keuangan perusahaan. Misalnya, aset perusahaan mungkin tercantum dalam neraca, catatan atas laporan keuangan ini dapat menjelaskan apa saja aset tersebut dengan tepat dan jelas.

5. Laporan perubahan ekuitas

Dokumen ini memberikan informasi seputar perubahan yang dilakukan pada modal saham, laba ditahan dan akumulasi cadangan perusahaan. Untuk bisnis tunggal, ini menunjukan perubahan ekuitas pemilik. Jika dalam kasus perusahaan, maka perubahan ekuitas menunjukan nilai saham yang telah berubah di antara semua pemegang saham setelah dikurangi liabilitas perusahaan.

Sistem Keuangan & Akuntansi Turboly menyediakan lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : Petty Cash VS Cash on Hand

turboly.com