Cara Menentukan Credit Limit Pelanggan

image

Mempertimbangkan pro dan kontra dalam memberikan credit limit kepada pelanggan, menganggap pelanggan yang bersangkutan memiliki risiko kredit yang baik, dan maka penting untuk mengetahui berapa banyak kredit yang akan ditawarkan. Menetapkan batas kredit yang tepat penting untuk memastikan memberikan apa yang dibutuhkan pelanggan, tetapi juga melindungi perusahaan dari ketidakstabilan keuangan.

Berikut adalah tiga cara untuk menentukan batas kredit bagi pelanggan untuk membantu distributor mendapatkan keuntungan dari penjualan kredit sekaligus mengurangi risikonya.

PERHITUNGAN KEKAYAAN BERSIH

Hasil perhitungan ini memberikan batas kredit berdasarkan kekayaan bersih pelanggan, membatasi risiko dan memberikan tolok ukur batas kredit yang kuat berdasarkan informasi keuangan yang konkret. Praktik terbaiknya adalah membatasi kredit yang ditawarkan hingga 10% dari kekayaan bersih konsumen.

Langkah pertama adalah mendapatkan informasi keuangan perusahaan, hal ini dapat dilakukan dengan meminta mereka mengisi aplikasi kredit. Setelah mendapatkan informasi tersebut, neraca keuangan harus menyertakan total aset dan total kewajiban pelanggan. Dari sana analisis keuangan distributor dapat melakukan perhitungan sebagai berikut:

Kekayaan Bersih = (total aset-total kewajiban pelanggan) / 10

Hasilnya adalah 10% dari kekayaan bersih konsumen dan merupakan tolok ukur yang baik untuk menetapkan batas kredit mereka. Analisis keuangan juga dapat mempertimbangkan untuk mendasarkan limit mereka pada 10% dari modal kerja pelanggan, rata-rata penjualan bulanan hingga performa pembayaran piutangnya.

PERHITUNGAN REFERENSI PERDAGANGAN

Referensi perdagangan dapat ditemukan pada laporan kredit atau dengan menghubungi referensi yang diberikan oleh pelanggan pada aplikasi kredit mereka. Hal ini akan memberikan gambaran tentang berapa banyak supplier atau distributor lain yang telah memberikan batas kredit kepada pelanggan, sesuatu yang boleh ditiru jika tampaknya sesuai. Cara lain untuk menggunakan referensi perdagangan untuk menentukan batas kredit adalah dengan mencari nilai rata-rata yang ditawarkan oleh kreditur lain.

PERHITUNGAN BERDASARKAN KEBUTUHAN

Berapa banyak kredit yang diminta pelanggan? Meskipun tidak perlu secara langsung menawarkan apa yang mereka minta, mempertimbangkannya sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan menawarkan batas yang sesuai dengan kebutuhan mereka, bagian penting dalam membangun hubungan yang awet dengan pelanggan, salah satu manfaat menawarkan persyaratan kredit sejak awal.

SOLUSI TERBAIK

Meskipun ini adalah perhitungan batas kredit yang terpisah, merupakan praktik terbaik yang diterima secara umum untuk menemukan rata-rata dari ketiga perhitungan di atas dan menggunakannya sebagai titik awal untuk menentukan credit limit pelanggan. Setelah mendapatkan rata-rata tersebut, dapat menaikkan dan menurunkan batas kredit berdasarkan performa pembayaran dan rata-rata transaksi.

Ingat, credit limit tidak ditetapkan secara pasti, harus secara konsisten mengevaluasi ulang kelayakan kredit pelanggan dan mengawasi kesehatan keuangan mereka saat mereka terus bekerja sama dengan perusahaan.

Solusi Turboly ERP grosir distribusi akan meningkatkan perkiraan arus kas, tingkat pemenuhan pesanan, pembelian, keuangan dan akuntansi pada akhirnya mengoptimalkan bisnis Anda dari awal hingga akhir.

Baca Juga : Alat dan Tips Mengelola inventory Untuk Distributor Ponsel

turboly.com