Meningkatkan Value Pembelian Pelanggan Optik

image

Dalam bisnis retail optik selalu dituntut untuk terus belajar agar terus bertahan dalam persaingan di bisnis retail optik yang semakin ketat. Omset dan keuntungan tidak hanya dapat dicapai melalui traffic pengunjung, karena traffic pengunjung yang tinggi tanpa diikuti dengan sebuah value maka mustahil penjualan akan meningkat. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan value pembelian pelanggan untuk bisnis retail optik:

1. Tawarkan produk dengan cara cross-sell.

Strategi cross selling adalah senjata yang cukup ampuh untuk mendongkrak penjualan, namun dalam penawaran cross selling ini staff beauty assistant wajib menguasai dan memiliki pemahaman produk yang tinggi. Sehingga value dari penawaran cross selling ini dapat tepat memenuhi sasaran pelanggan. Jika penawaran dilakukan asal-asalan maka sebuah value dari produk dan penawaran ini tidak akan tersampaikan malah kesannya sangat hard selling.

2. Gunakan merchandising untuk media promosi

Merchandising pada dasarnya adalah cara penempatan posisi produk khusus sesuai jenis dan merk sekaligus sebagai media promosi, sehingga dengan adanya merchandising bisa memberikan daya tarik dan memudahkan pelanggan mengenali sebuah merk. Dalam sebuah strategi merchandising yang baik, produk harus memiliki kualitas yang baik. Dengan cara ini diharapkan nantinya akan meningkatkan hubungan baik serta meningkatkan pengenalan brand kepada pelanggan yang nanti bisa meningkatkan nilai penjualan toko optik retail.

**3. Maksimalkan program loyalitas **

Salah satu tujuan utama program loyalitas adalah untuk menjaga pelanggan agar tidak berpaling ke toko optik lain. Tapi program loyalitas bukan hanya sebatas itu, karena program loyalitas memiliki banyak feedback untuk bisnis retail optik salah satunya kita dapat meningkatkan penjualan toko dengan program loyalitas. Misalnya penawaran khusus atau diskon khusus saat pelanggan ulang tahun atau hal lain yang sifatnya personalisasi. Jadi pelanggan datang ke toko optik bukan hanya sekedar melakukan transaksi pembelian melainkan juga menjalin hubungan.

4. Tawarkan kompensasi saat menunggu

Untuk meningkatkan value sebuah transaksi di toko optik tidak hanya harus memberikan harga yang murah, tetapi kita juga bisa memberikan pelayanan yang lebih untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang. Banyak cara untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan, misalnya Banyak cara untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan, misalnya berikan voucher makan atau voucher diskon saat mereka sedang menunggu kacamata sedang diproses. Hal ini akan memberikan kesan positif kepada pelanggan, dan sebagai kompensasi atas kesediaan mereka menunggu.

Turboly Optical & Eyewear membantu Anda mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory kami kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : 6 Langkah Mengelola Inventory Optik Yang Optimal

turboly.com