Perbedaan antara Consignor dan Consignee Dalam Penjualan Konsinyasi

image

Dalam skema bisnis retail konsinyasi kita mengenal 2 istilah Consignor dan Consignee. Consignor adalah pemilik barang, yang telah dikirimkannya kepada consignee sebagai penerima barang untuk dijual kepada pihak ketiga.

Apa itu Consignee?

Consignee adalah penerima barang yang dikirimkan kepadanya oleh consignor. Penerima barang bertanggung jawab untuk menjual barang kepada pihak ketiga atau end customer, setelah itu penerima barang membayar kepada pengirim barang dan menerima komisi sesuai dengan kesepakatan awal antara consignor dan consignee

Membandingkan Consignor dan Consignee

Proses konsinyasi melibatkan pengiriman barang dari pengirim ke penerima barang. Penerima barang kemudian bertugas untuk menjual barang tersebut ke pihak ketiga (end customer). Sampai penjualan terakhir terjadi, consignor tetap mengakui kepemilikan barang. Misalnya, seorang seniman memiliki perjanjian dengan galeri untuk menjual lukisannya. Artis adalah pengirim barang dan galeri adalah penerima barang. Ketika galeri menjual lukisan, kepemilikan berpindah dari seniman ke pembeli lukisan. Pembeli membayar galeri untuk lukisan itu, galeri mengambil komisinya, dan kemudian meneruskan jumlah yang tersisa ke artis. Ini menghasilkan perbedaan berikut antara kedua entitas:

  • Dokumen pengiriman. Pengirim adalah pengirim, dan penerima barang adalah penerima.

  • Kepemilikan. Pengirim adalah pemilik awal barang, sedangkan penerima barang mungkin hanya agen, tidak benar-benar mengambil kepemilikan barang. Ini berarti pengirim menyimpan catatan inventaris yang dikonsinyasi pada pembukuannya sampai barang akhirnya dijual ke pihak ketiga.

  • Pembayaran. Pengirim mempertahankan hak atas barang sampai pembayaran diterima dari penerima barang.

Turboly Cloud ERP diciptakan dengan fitur penjualan konsinyasi tingkat lanjut yang dapat digunakan tidak hanya perusahaan sebagai consignor tapi juga dapat membantu agen penjualan sebagai consignee. Keduanya bisa diintegrasikan dengan baik hingga mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga : Biaya Manajemen Persediaan Konsinyasi itu Murah

turboly.com