Cara Sederhana Melindungi Data Sistem POS

image

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, tidak sedikit retailer yang bergantung dengan sistem Point of Sale (POS) untuk memudahkan berjalanya proses bisnis. Sistem POS juga mampu menyimpan semua data pelanggan mulai dari nama, alamat, hingga history pembelian, dan seperti yang kita ketahui keamanan data pelanggan merupakan hal yang sangat sensitif dan bersifat rahasia. Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis sudah menjadi kewajiban untuk dapat mengamankan setiap data pelanggan, karena saat kita kehilangan data pelanggan itu bisa merusak kepercayaan pelanggan dan reputasi bisnis.

Mungkin bagi sebagian business owner kekuatiran yang paling besar adalah pencurian data akibat ulah dari peretas yang biasanya mencuri data dan kemudian dijual, namun ketahuilah bahwa saat ini sistem keamanan data dari cloud server sudah sangat canggih untuk dapat mengatasi hal ini terjadi.

Hal yang saat ini paling perlu dikuatirkan adalah melindungi data dari pencurian internal perusahaan akibat kelalaian pengguna hingga akhirnya data tersebut berada di tangan kompetitor. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi pencurian data pada sistem POS :

Batasi Akses Sistem POS Karyawan Saat Tidak Bekerja

Sistem POS Berbasis Cloud memiliki keunggulan dapat diakses darimana saja dan kapan saja selama pengguna terhubung dengan koneksi internet. Hal ini bisa menjadi keuntungan namun disisi lain, jika berada di tangan orang yang salah bisa menjadi boomerang bagi perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya kita membatasi akses sistem POS bagi karyawan saat diluar jam kerja, hal ini untuk menghindari mereka mendapatkan akses sistem dan melakukan “akses data” secara illegal. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengamankan sistem dari segala kemungkinan yang terjadi, oleh karena itu untuk mencegah hal ini anda dapat mengamankan semua akun di akhir jam kerja supaya tidak dapat diakses oleh siapapun kecuali beberapa karyawan terpilih.

Gunakan IP Public Static

IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Jadi, IP address atau internet protocol address adalah alamat protokol internet (alamat IP) yang mengidentifikasi segala perangkat yang terhubung ke jaringan, baik jaringan internet pada umumnya dan jaringan lokal. Untuk menjaga keamanan data dari akses ilegal, gunakan IP Public Static IP yang sifatnya tetap, yang diberikan oleh penyedia layanan internet kepada pelanggannya. Dengan menggunakan IP Public Static tingkat keamanan akan lebih tinggi, karena hanya dapat diakses oleh pengguna selama terhubung ke IP tersebut. Jadi, sistem POS hanya akan dapat diakses jika karyawan terhubung dengan jaringan internet toko.

Instal Aplikasi POS Terbaru

Setiap sistem pasti memiliki celah yang dapat ditemukan untuk menjadi jalan bagi peretas untuk mencuri data, oleh karena itu setiap vendor sistem POS juga selalu memperbaharui sistemnya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu sebaiknya lakukan update sistem POS secara berkala untuk mengamankan data, selain itu dengan melakukan update pada sistem secara berkala dapat meningkatkan responsif sistem POS sehingga dapat mengurangi waktu antrian di kasir yang berujung pada peningkatan penjualan toko dan kepuasan pelanggan.

Turboly adalah sistem point of sale (POS) berbasis web yang membuat proses penjualan kepada pelanggan menjadi lebih mudah dan bisa membuat mereka kembali ke toko Anda. Anda bisa mengakses ini melalui iPad, Mac or PC bersama dengan peralatan lain yang sudah Anda miliki, seperti scanner barcode dan printer struk.

Baca Juga : Tips Rekrutmen Kasir untuk Toko Ritel

turboly.com