Tips Rekrutmen Kasir untuk Toko Ritel

image

Trend dewasa ini toko ritel berskala besar mulai menerapkan layanan kasir self service . Namun itu tidak mengartikan bahwa posisi kasir sudah tidak diperlukan kembali untuk toko ritel, karena bagi bisnis ritel skala kecil hingga menengah, peran kasir masih cukup vital untuk berjalanya proses transaksi di toko.

Ketiadaan kasir membuat transaksi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan karena kasir merupakan posisi yang cukup vital sebagai pemilik bisnis kita tidak dapat asal melakukan perekrutan. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan perekrutan kasir toko ritel agar mendapatkan kasir yang kompeten:

1. Tawarkan Benefit dan Fasilitas

Hal pertama untuk mendapatkan kasir yang kompeten, tentu kita juga harus memberikan sesuatu yang mereka butuhkan. Tidak dipungkiri lagi bahwa benefit dan fasilitas yang baik akan menarik kandidat yang memang kompeten. Pada dasarnya calon pegawai akan mencari tempat kerja yang memang memperhatikan kesejahteraan pegawainya, jika benefit dan fasilitas yang diberikan memang pantas maka pegawai pun akan memberikan kinerja yang maksimal dengan sendirinya.

2. Berikan Rincian Job Desk dan Kualifikasi Pekerjaan Dengan Jelas

Untuk mendapatkan kandidat kasir yang sesuai harapan, kita perlu memperhatikan deskripsi tentang posisi tersebut apakah sudah jelas atau belum untuk menghindari miskomunikasi. Bagian Job Desk dan Kualifikasi kandidat sebaiknya dibuat secara singkat dan tepat, sehingga kandidat yang memang merasa tidak sesuai kualifikasi atau tidak mampu menjalankan Job Desk tersebut mereka tidak melamar pekerjaan untuk posisi tersebut. Tujuannya untuk memudahkan dalam proses screening awal, dengan begitu proses perekrutan berjalan dengan efisien.

3. Publikasikan Lowongan

Setelah semuanya dirasa sudah siap, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan lowongan kerja tersebut. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mempublikasikan lowongan tersebut, yaitu dengan cara berbayar dan gratis. Jika perusahaan tidak memiliki budget khusus untuk mempublikasikan lowongan tersebut, maka cara paling cepat efisien adalah melalui referensi karyawan atau media sosial perusahaan. Tapi jika perusahaan memang memiliki cukup budget untuk mempublikasikan lowongan tersebut, maka perusahaan dapat melakukannya melalui platform pencari kerja.

4. Seleksi Kandidat Potensial

Setelah menerima CV dari kandidat potensial, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan seleksi lalu pisahkan kandidat yang menurut kita kompeten untuk posisi tersebut. Setelah mengumpulkan CV kandidat yang potensial, langkah selanjutnya kita bisa melakukan wawancara melalui telepon atau video call sebelum nantinya meminta kandidat untuk datang langsung.

5. Wawancara Kandidat Terpilih Secara Langsung

Setelah melakukan seleksi kandidat secara online, selanjutnya yang kita perlukan adalah melakukan wawancara secara langsung untuk lebih mengenal kandidat dan menilainya secara langsung. Karena CV yang bagus dan wawancara secara online belum bisa menentukan bahwa kandidat tersebut cocok untuk posisi yang dibutuhkan, oleh karena itu diperlukan wawancara langsung untuk lebih mengenal karakter kandidat apakah cocok untuk posisi tersebut atau tidak.

System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Solusi Retail Management Turboly adalah suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

turboly.com