Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Terhadap Praktik Optometri

image

Menjalankan bisnis ritel optik kacamata tidak lepas dari praktik optometri pasalnya tidak sedikit pelanggan yang datang langsung membeli kacamata, mereka biasanya justru berkeinginan untuk berkonsultasi dan ingin memeriksa kondisi penglihatannya terlebih dahulu. Praktik optometri dalam bisnis kacamata, cukup berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karena dengan adanya praktik optometri pelanggan dapat mendiskusikan kesehatan dan perawatan yang tepat untuk mata mereka, bahkan dengan layanan optometri yang baik itu bisa meningkatkan penjualan bisnis. Karena saat pelanggan puas dengan layanan yang telah kita berikan maka pelanggan akan dengan senang hati merekomendasikan toko kacamata kita ke orang terdekat mereka. Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap praktik optometri di toko kacamata:

Ciptakan Lingkungan Nyaman

Dengan menjalankan bisnis kacamata kita bisa memahami bahwa ini bisnis yang cukup unik, pasalnya bisnis kacamata menggabungkan antara medis dan fashion menjadi kesatuan. Karena dengan berjalanya waktu kacamata memang tidak hanya digunakan untuk kebutuhan medis, tapi kacamata sudah menjadi trend mode hingga saat ini. Oleh karena itu desain ruangan optometri juga harus menarik dan elegan tidak boleh asal-asalan. Tapi perlu diingat karena pada dasarnya ruang praktik optometri adalah praktik medis, maka kebersihan juga tidak boleh diabaikan, dengan desain yang elegan dan dibarengi kebersihan yang dijaga ini akan membuat pelanggan merasa nyaman saat akan berkonsultasi dan ini akan meningkatkan reputasi toko kacamata di mata pelanggan.

Komunikasi Dengan Baik

Komunikasi adalah sesuatu yang cukup penting untuk menentukan kepuasan pelanggan, dengan komunikasi yang buruk kita bukan hanya bisa kehilangan profitabilitas bisnis tapi kemungkinan terburuk adalah kehilangan pelanggan. Oleh karena itu sangat penting staff optometri harus memiliki komunikasi yang baik dengan pelanggan, misalnya dalam menjelaskan hasil laporan pemeriksaan pelanggan cobalah untuk menjelaskan dengan cara yang paling mudah dipahami oleh orang awam.

Memiliki Seseorang Spesialis Optometri

Praktik optometri merupakan praktik medis, oleh karena itu tidak boleh sembarangan merekrut seseorang untuk mengisi posisi itu. Karena pada faktanya mempekerjakan seseorang yang memang ahli dalam bidang tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap praktik optometri yang ada di toko kacamata anda. Dengan memberikan kepuasan atas pelayanan yang kita berikan, tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan penjualan dan volume pasien optometri. Dengan memperkerjakan seseorang yang ahli juga akan mempercepat proses pemeriksaan dan menghemat waktu sehingga produktivitas dapat ditingkatkan.

Mempersingkat Waktu Tunggu

Dalam hal apapun menunggu merupakan pekerjaan yang cukup membosankan, ini juga berlaku saat pelanggan menunggu antrian optometri untuk melakukan konsultasi. Semakin berkembangya bisnis kacamata, makan akan semakin meningkat pula antrian di ruang praktik optometri. Hal ini mungkin terlihat wajar dan biasa saja, tapi jika diperhatikan lebih dalam ini merupakan masalah besar yang harus segera diselesaikan. Jika waktu tunggu terlalu lama pelanggan tentu akan merasa bosan dan bisa saja mereka akan mempertimbangkan untuk pergi ke tempat lain, ini artinya kita kehilangan pelanggan yang berdampak dengan menurunya penjualan. Oleh karena itu kita harus mencari solusi untuk permasalahan ini, salah satu cara yang bisa digunakan adalah memiliki sistem yang memiliki fitur appointment (reservasi). Dengan sistem appointment ini akan mempersingkat waktu tunggu, sehingga pelanggan dapat merasa diperhatikan karena seolah kita mengerti bahwa waktu pelanggan sangat berharga.

Menerima Feedback

Kesadaran diri adalah hal yang baik untuk kita menjadi lebih besar, kita mungkin merasa bahwa pelayanan optometri yang kita berikan sudah sempurna. Tapi bukan berarti itu tidak memiliki kekurangan, oleh karena itu cobalah membuka diri dan meminta feedback dari setiap pelanggan atas pelayanan optometri yang kita berikan. Dengan feedback dari pelanggan kita menemukan kesalahan yang mungkin tidak kita ketahui dan memperbaikinya segera mungkin, untuk memberikan pelayanan optometri yang lebih baik lagi kepada pelanggan.

Turboly Optical & Eyewear membantu Anda mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory kami kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Meningkatkan Value Pembelian Pelanggan Optik

turboly.com