Cara Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Bengkel Mobil

image

Menjalankan bisnis bengkel mobil spesialis terkadang menjadi pekerjaan yang menantang, hal ini bukan karena sedikitnya jumlah populasi kendaraan yang terbatas. Karena kita tahu hampir setiap tahun jumlah produksi roda empat ini meningkat mengikuti permintaan pasar dan bahkan tidak sedikit produsen mobil yang menyediakan bengkel resmi namun dapat memenuhi permintaan perbaikan, tentu ini menjadi peluang yang sangat besar sebagai bengkel non resmi.

Lalu apa penyebab banyak bengkel yang sepi pelanggan, lambat untuk berkembang bahkan tidak sedikit pula yang gulung tikar. Tentu ini membuat kita terkadang frustasi menghadapi situasi seperti ini, tentu hampir semua pemilik bisnis bengkel mobil pernah mengalami tantangan yang sama. Tapi bukan berarti tidak ada jalan untuk membuat bisnis bengkel kita berkembang, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba agar bengkel bisa cepat berkembang sehingga dapat meningkatkan profitabilitas bisnis:

1. Membangun Hubungan Pelanggan

Dalam menjalankan segala bisnis, kita tahu bahwa pelanggan adalah aset untuk berharga yang dapat menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Oleh karena itu kita sebagai pemilik bisnis harus bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan, misalnya membuat mereka puas atas pelayanan yang kita berikan. Saat pelanggan merasa dihargai dan merasa puas, pelanggan cenderung akan kembali saat memiliki permasalahan dengan mobilnya. Dengan hubungan baik dan kepercayaan pelanggan atas pelayanan yang kita berikan, tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan bengkel kita kepada kerabat terdekat.

2. Jadwalkan Perbaikan Berikutnya

Saat ada pelanggan yang datang untuk mengecek kondisi kendaraan atau melakukan perbaikan, jangan biarkan pelanggan langsung pergi. Cobalah untuk menjelaskan sedikit laporan atas perbaikan yang dilakukan, sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami orang awam. Setelah itu berikan dokumen laporan perbaikan dan cobalah untuk memberitahukan kapan servis berikutnya dilakukan agar performa kendaraan tidak menurun. Untuk menghindari ketidakhadiran pelanggan saat jadwal perbaikan tiba, jangan lupa untuk mengingatkan pelanggan minimal 1 minggu sebelum tanggal perbaikan.

3. Tingkatkan Komunikasi Internal

Komunikasi internal sangat penting untuk mendukung berjalanya proses bisnis dengan baik, khususnya dalam menjalankan bisnis bengkel mobil. Komunikasi antara teknisi dengan staff sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas perbaikan. Jika teknisi telah selesai mendiagnosis masalah, tentu hasil diagnosis tersebut diberikan kepada staff. Tentu disini antara teknisi dengan staff harus mengkomunikasikan setiap hasil diagnosa dengan jelas dan detail mulai dari kebutuhan perbaikan hingga estimasi waktu perbaikan. Tapi jika komunikasi staff dan teknisi buruk dalam penyampaiannya, tentu ini akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Karena staff bisa saja kehilangan detail penting yang dapat menyebabkan rekomendasi perbaikan yang kurang maksimal.

4. Melakukan Pemeriksaan Secara Detail

Ingat, pelanggan yang datang ke bengkel adalah untuk memperbaiki permasalahan kendaraan mereka. Jadi pastikan teknisi melakukan inspeksi kendaraan secara detail, agar mendapatkan gambaran yang jelas dan lengkap apa permasalahan mobil itu dan apa yang dibutuhkan dalam perbaikanya. Dengan inspeksi kendaraan yang detail teknisi bisa saja menemukan masalah diluar apa yang konsumen keluhkan, sehingga ini bisa memupuk rasa kepercayaan pelanggan dengan bengkel kita.

5. Tawarkan Inspeksi Digital

Tawarkan pengalaman yang tak terlupakan, dengan inspeksi digital yang menghilangkan pembuatan laporan secara manual yang menggunakan kertas. Kini semua laporan dilakukan secara digital, mulai dari diagnosis dan rekomendasi perbaikan dibagikan menggunakan satu sistem bahkan memungkinkan teknisi berbagi foto dan video sebagai bukti perbaikan. Dengan inspeksi digital bengkel mobil dapat memberikan transparansi perbaikan yang lebih jelas sehingga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel mobil dengan vehicle management terbaik didukung oleh fitur seperti manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel mobil.

Baca Juga : Tips Membuat Surat Perintah Kerja di Bengkel

turboly.com