Sistem ERP vs CRM Mana yang Lebih Penting

image

Kemajuan teknologi saat ini semakin cepat berkembang dan membawa banyak perubahan diberbagai bidang, dunia bisnis termasuk salah satunya. Perkembangan teknologi telah memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan seluruh alur proses bisnis dengan lebih efisien. Salah satu contoh teknologi yang banyak digunakan perusahaan untuk membantu pengoperasian bisnis adalah sistem ERP dan CRM, keduanya kemudian dijadikan alat untuk mengelola data dan seluruh informasi dengan lebih akurat sehingga membantu perusahaan mengambil keputusan dengan baik. Meski sistem ERP dan CRM memiliki kesamaan yaitu bertujuan untuk merampingkan proses bisnis, tetapi keduanya memiliki fitur inti yang berbeda. Untuk menentukan sistem yang tepat untuk kebutuhan bisnis, maka ada baiknya kita memahami dulu perbedaan dasar kedua sistem tersebut.

Apa itu sistem ERP?

Sistem ERP merupakan sistem terintegrasi yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola seluruh aspek bisnis, mulai dari akuntansi, rantai pasokan, produksi, penjualan, hingga distribusi dalam satu sistem. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas terhadap proses bisnis serta meningkatkan kolaborasi antar divisi juga menyederhanakan proses bisnis. Sistem ERP juga memiliki data terpusat, sehingga dapat mengelola data dan informasi secara real-time. Hal ini akan berdampak kepada pengambilan keputusan perusahaan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia.

Apa itu sistem CRM?

Seperti namanya CRM (customer relationship management) yang berarti manajemen pelanggan, sehingga dapat disimpulkan secara garis besar bahwa CRM adalah sistem yang berfokus kepada hubungan dan relasi dengan pelanggan setia yang bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Sistem CRM mencatat semua data dan interaksi dengan pelanggan. Data ini dapat dikelola sebagai data untuk menganalisa perilaku pelanggan dan kebutuhan pelanggan. Dengan data tersebut perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan, yang tentunya akan berdampak pada peningkatan penjualan.

Perbedaan utama antara sistem ERP dan CRM

Secara keseluruhan keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu membantu dalam menjalankan operasional bisnis agar lebih efisien, sistem ERP berfokus pada keseluruhan aspek bisnis sedangkan sistem CRM berperan penting untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Selain itu kedua sistem juga memiliki kesamaan yaitu tersedia dalam versi on-premise dan cloud baik dalam pengoperasian sistem ERP ataupun CRM. Dengan memahami perbedaan dasar antara sistem ERP dan CRM, maka perusahaan dapat memiliki gambaran yang jelas sehingga akan membantu perusahaan memilih sistem yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis.

Manakah pilihan yang lebih penting antara Sistem ERP atau CRM?

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, kebutuhan akan sistem untuk mengelola data pelanggan semakin meningkat agar dapat memastikan hubungan dan loyalitas pelanggan tetap terjalin. Bisnis apapun yang berfokus terhadap kepuasan pelanggan, menggunakan sistem CRM adalah solusi yang paling tepat.

Sedangkan untuk perusahaan yang membutuhkan integrasi di berbagai aspek bisnis seperti akuntansi, inventory, produksi, manajemen warehouse, dan pemasaran dalam satu sistem, maka ERP adalah solusi yang tepat. Sistem ERP akan mengoptimalkan kinerja para staf sehingga dapat mencapai efisiensi kerja, sistem ERP juga memungkinkan untuk memonitor seluruh aspek bisnis secara real-time, sehingga memberikan wawasan perusahaan dengan lebih akurat untuk pengambilan keputusan.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Antara Sistem POS dan Sistem ERP

turboly.com