Cara Menangani Komplain di Bisnis Bengkel Mobil

image

Software Bengkel Mobil

Menjalankan bisnis bengkel mobil memang memiliki banyak tantangan yang harus kita hadapi, misalnya seperti stigma negatif tentang bengkel yang cukup sulit untuk dihilangkan. Karena stigma tersebut terkadang banyak pelanggan yang merasa ditipu, oleh karena itu saat menjalankan bisnis bengkel mobil tidak sedikit pelanggan marah besar saat mereka melakukan komplain entah itu memang ada kesalahan dari pihak bengkel ataupun hanya sekedar miss komunikasi saja. Sehingga kita harus dapat memahaminya, karena bagaimanapun pelanggan adalah orang awam yang mungkin tidak memiliki pengetahuan tentang otomotif secara luas. Tanggung jawab kita sebagai pemilik bengkel adalah menjelakasnya dengan sopan dan memberi edukasi tanpa harus merendahkan pelanggan, berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi komplain pelanggan di bisnis bengkel mobil.

1. Kontrol Emosi

Saat pelanggan datang dengan raut muka penuh amarah, terkadang mereka akan berbicara dengan nada tinggi dan bahasa tubuh yang biasanya akan memancing emosi. Sebagai pemilik bisnis bengkel mobil, sangat penting bagi kita untuk dapat mengontrol emosi agar dapat berbicara dengan baik dan sopan untuk menjawab keluhan pelanggan. Sehingga dapat menemukan titik permasalahan dan solusi secara cepat, tentu ini akan memberikan kesan positif kepada pelanggan.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Bagian penting saat menghadapi komplain pelanggan adalah dengan cara mendengarkan apa keluhan yang ingin disampaikan dan apa keinginan mereka. Tunjukan rasa hormat kita dengan tidak langsung membantah apa yang disampaikan pelanggan, sehingga mereka merasa dihargai. Layani dengan sepenuh hati tujukan kepedulian kita atas keluhan mereka, bayangkan diposisi mereka sehingga dapat memahami sudut pandang pelanggan.

3. Fokus Mencari Solusi

Dalam menyelesaikan masalah apapun jangan pernah untuk saling menyalahkan satu sama lain, karena itu hanya akan memperkeruh keadaan. Oleh karena itu lebih baik fokus mencari solusi atas permasalahan tersebut. Saat pelanggan memiliki keluhan atas perbaikan yang kita berikan, maka fokus mencari inti permasalahanya dan cek kembali kondisi kendaraan untuk membuktikan bahwa keluhan pelanggan valid atau tidak.

Software bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel mobil dengan vehicle management terbaik didukung oleh fitur seperti manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel mobil.

Baca Juga : Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan di Bisnis Bengkel Mobil

turboly.com