Koordinasi Bagian Keuangan dan Penjualan Dengan Sistem ERP

image

Apakah tim penjualan dan keuangan terhubung dengan cara yang benar?

Ketika terjadi ketidakselarasan antara bagian keuangan dan penjualan, hal itu jarang terkait dengan manusianya, namun hampir selalu terkait dengan proses, sistem, dan data. Penjualan dan keuangan pada dasarnya fokus pada tujuan yang sama, yaitu meningkatkan pendapatan serta mempertahankan pelanggan. Namun, terlalu sering dalam perusahaan keduanya ini tidak bekerja sama untuk mencapai tujuan ini karena mereka bekerja dengan sistem yang berbeda dan tidak berkomunikasi.

Tim penjualan dan keuangan perlu bersatu sebagai satu kesatuan dengan tujuan bersama dan pola pikir kolaboratif. Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan membuat mereka beroperasi dari sistem yang sama, di mana mereka dapat berkomunikasi dengan benar, berbagi informasi, dan tetap terhubung sepanjang pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Tanpa sistem yang terhubung, tim keuangan dan penjualan akan berjalan masing-masing yang dapat menimbulkan ketidaksesuaian pencatatan pelanggan yang dilampirkan. Pada saat-saat penting ketika akses ke informasi yang akurat sangat penting, kedua tim ini dibiarkan dengan data yang meragukan yang pada akhirnya dapat merugikan bisnis.

Teknologi cloud modern dibangun untuk mengatasi masalah ini. Dengan menggabungkan CRM dan sistem akuntansi keuangan pada infrastruktur bernama Software ERP berbasis cloud yang modern. Dengan sistem ERP berbasis cloud semua orang bekerja dengan dan berbagi data dalam satu platform. Berbagi data dan informasi yang tepat pada waktu yang tepat untuk melayani pelanggan dan bisnis perusahaan dengan lebih baik. Saat Sistem ERP berjalan dengan benar, banyak manfaat yang akan diperoleh perusahaan :

Data Master Pelanggan

Setelah menghubungkan data front end dan back end, untuk menciptakan ‘single data’. Sales Order, penagihan piutang, dan pencatatan akuntansi sekarang semuanya berada di satu tempat sehingga tim piutang memiliki segala informasi yang dibutuhkan untuk melakukan penagihan lebih cepat, mengumpulkan lebih cepat, dan meningkatkan kolaborasi dengan penjual. Mulai dari tim sales hingga akuntan dapat melakukan pekerjaan mereka dengan informasi yang sama terhadap data pelanggan, mengurangi kesalahan dan keterlambatan. Dengan Data Master Pelanggan dapat menghasilkan faktur langsung dari peluang penjualan, mempercepat proses penagihan.

Berfokus pada pelanggan

Konsolidasi di sekitar pelanggan sekarang juga memberikan anggota tim tertentu akses ke detail dan informasi yang mereka butuhkan untuk bekerja sama lebih efektif dan membuat keputusan dengan keyakinan. Misalnya, terkait credit limit dan overdue limit piutang.

Pelaporan menjadi mudah

Dengan sistem ERP berbasis cloud, mengelola data pelanggan, membuat laporan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat. Lebih penting lagi, mampu menggabungkan data pelanggan, keuangan, dan operasional untuk mencapai pandangan bisnis 360 derajat. Sehingga manajemen akan lebih mudah menentukan langkah bisnis selanjutnya.

Data dan Informasi Up to date

Dengan single entry system. Semua update informasi kontak, vendor, produk, atau pembaruan lainnya dapat dilakukan di semua tempat. Akses informasi dapat diatur sesuai tugas dan fungsi masing-masing bagian. Tidak hanya menghemat waktu, Sistem ERP juga meningkatkan akurasi dan ketenangan pikiran.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Mengenal Software ERP Cloud Based

turboly.com