Mengenal Barcode Inventory System

image

Fungsi Barcode Untuk Inventory Management

Barcode adalah nomor unik yang mengaitkan beberapa data terkait suatu produk, termasuk informasi tentang siapa suppliernya, dimensi produk, berat, dan bahkan data variabel, seperti jumlah produk tersebut di stok.

Ada lebih dari 100 jenis simbol barcode yang berbeda, biasanya berbentuk satu atau dua dimensi.

Barcode linear atau satu dimensi adalah tipe yang lebih umum dikenal, ditandai dengan garis-garis sejajar dengan lebar dan jarak yang bervariasi. Sebaliknya, barcode dua dimensi menggunakan kotak atau persegi panjang dan berisi banyak titik individu kecil dan pola geometris mirip dengan kode QR.

[Sistem inventaris](https://turboly.com/feature/inventory-management.html( barcode menggunakan rangkaian simbol ini untuk melacak stock dengan cepat dan akurasi yang lebih besar. Produk diberi label dengan barcode, dipindai dengan perangkat mobile scanner, dan disinkronkan dengan software inventory management secara real time.

Bagaimana cara kerja Barcode Inventory System?

Sistem inventaris barcode bekerja dengan mengkodekan data ke dalam serangkaian garis vertikal dan ruang dengan lebar yang bervariasi. Garis dan ruang - yang disebut barcode - mewakili urutan angka atau karakter yang dapat dibaca oleh scanner barcode.

Sistem inventaris barcode memberikan salah satu dari barcode ini untuk setiap produk. Scanner membaca barcode dengan mengarahkan cahaya padanya dan mengukur jumlah cahaya yang dipantulkan. Informasi ini kemudian diterjemahkan menjadi data yang dapat digunakan oleh sistem.

Barcode yang dipindai di kasir Point of Sale (POS) ritel perlu mendukung pemindaian omnidireksional. Namun, jika barcode di-scan di POS serta di gudang, maka perlu menggunakan simbol yang dapat mengakomodasi pemindaian di kasir tetapi dapat dicetak dalam ukuran yang lebih besar untuk beradaptasi dengan pemindaian dalam proses distribusi.

Sistem inventaris barcode adalah alat populer untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Mereka mengurangi human error, mengoptimalkan penginputan data, dan menyederhanakan proses - tidak lagi menghitung manual semua produk Anda dengan tangan.

5 manfaat berguna dari sistem inventaris barcode:

Akurasi yang lebih besar dalam pelacakan dan pencatatan inventaris

Dengan sistem inventaris barcode, Anda mengurangi proses manual yang rentan terhadap kesalahan manusia, seperti salah membaca angka, melewati baris, memasukkan data yang salah ke dalam sistem inventaris Anda, atau tulisan tangan yang buruk.

Pemindaian barcode lebih akurat, dapat diandalkan, dan lebih cepat dibandingkan dengan penginputan data manual

Ketika barcode dibaca oleh pemindai, simbol-simbol tersebut dengan cepat dan akurat diterjemahkan ke dalam sistem perangkat lunak inventaris Anda. Karyawan yang menggunakan sistem barcode bekerja lebih baik daripada karyawan Anda yang hanya mengandalkan penginputan data manual.

Label barcode meningkatkan proses pengumpulan data Metode label dan pemindaian sistem inventaris barcode beradaptasi dengan berbagai aplikasi di berbagai industri untuk meningkatkan efisiensi dalam beberapa cara.

Sistem inventaris barcode meningkatkan analisis data

Data yang lebih baik memberikan informasi inventaris yang lebih akurat dan pelaporan waktu nyata. Pemberitahuan akan memberi tahu Anda ketika inventaris mencapai ambang batas tertentu sehingga Anda dapat memesan untuk memenuhi permintaan produksi atau penjualan.

Seperti halnya metode otomatisasi proses di inventory, peran utama sistem inventaris barcode adalah memungkinkan bisnis untuk melakukan lebih banyak pekerjaan, dalam waktu yang lebih singkat, dengan biaya yang lebih sedikit bagi bisnis.

Mengelola Stock Secara Efektif. Menjaga persediaan Anda di bawah kontrol yang rutin Mengelola stok persediaan barang menjadi semakin sulit saat bisnis berkembang pesat. Software Inventory Indonesia ERP Turboly memungkinkan Anda mencari persediaan di seluruh siklus hidup produk - dari pembelian, penerimaan, transfer dan penjualan.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Manajemen Inventory Berbasis Cloud Untuk Bisnis Retail & Distributor

turboly.com