Cara Memulai Sebuah Toko Konsinyasi

image

Memulai sebuah toko konsinyasi kedengarannya mudah, namun tetap dibutuhkan banyak pengetahuan dan modal untuk memulainya. Membuat rencana bisnis dengan jelas sebelum memulai toko konsinyasi akan membantu memastikan bahwa Anda untuk meminimalkan risiko usaha bisnis konsinyasi. Penting untuk mengetahui dan memahami brand dan produk apa yang akan Anda ajak kerjasama. Sedikit berbeda dengan seperti toko ritel biasa, beberapa pemilik barang konsinyasi atau consignor tidak mengijinkan Anda untuk membeli produk persediaan dari supplier lain. Dalam kerjasama bisnis konsinyasi Anda harus yakin bahwa Anda bisa menjual barang tersebut dengan keuntungan yang cukup besar. Mampu menegosiasikan persyaratan yang menguntungkan anatar consignor dan Anda sebagai consignee.

Berikut kami jabarkan tahapan dalam memulai toko konsinyasi, pahami apakah ini sesuai dengan Anda

LANGKAH 1: Rencanakan Bisnis Anda

Rencana yang jelas sangat penting untuk sukses sebagai pengusaha. Ini akan membantu Anda memetakan spesifikasi bisnis Anda dan menemukan beberapa hal yang tidak diketahui. Beberapa topik penting untuk dipertimbangkan adalah:

  • Berapa biaya awal dan berkelanjutan?
  • Siapa target pasar Anda?
  • Berapa banyak yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan?
  • Apa nama bisnis Anda?

LANGKAH 2: Bentuk Badan Hukum

Jenis struktur bisnis yang paling umum adalah perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas (PT). Mendirikan badan usaha legal seperti PT melindungi Anda dari tanggung jawab pribadi jika toko konsinyasi Anda gagal.

LANGKAH 3: Siapkan Sistem ERP dengan Fitur Konsinyasi

Mencatat persediaan yang masuk dan terjual, dan mencatat pengeluaran dan sumber pendapatan Toko sangat penting untuk memahami kinerja keuangan bisnis Anda. Sistem ERP akan menjaga informasi tetap real-time dan akurat.

LANGKAH 4: Buat Ijin Usaha Legal

Kegagalan mendapatkan ijin yang diperlukan dapat menyebabkan kerugian yang besar, atau bahkan menyebabkan bisnis Anda ditutup. Di Indonesia sendiri ijin toko terkait SIUP dan lainnya diperlukan untuk mengoperasikan toko konsinyasi. Pelajari lebih lanjut tentang persyaratan ijin legal di lokasi toko yang akan Anda bukan.

LANGKAH 5: Buat Merek

Merek sangat penting sebagai first impression publik apalagi untuk toko baru. Dengan merek yang kuat akan membantu bisnis Anda menonjol dari pesaing. Merek juga berguna untuk mendukung promosi. Gunakan media sosial, email blast dan sejenisnya jika memungkinkan. Saat Toko pertama kali dibuka, adakan pembukaan untuk menarik pelanggan dan berikan pengalaman yang menarik saat mereka masuk pertama kali ke Toko Anda. Karena jika mereka terkesan dengan apa yang Anda berikan mereka pasti akan membagikan itu ke teman-teman mereka. Word of mouth masih tetap menjadi cara pemasaran murah dan efektif untuk mendapatkan pelanggan baru.

LANGKAH 6: Website

Situs web bisnis memungkinkan pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menarik klien atau pelanggan baru.

Baca Juga : PERSEDIAAN KONSINYASI USAHA RITEL

turboly.com